Kamis, 17 Desember 2015

10 Sifat Istri yang dapat Mengundang Rejeki Melimpah

Pernikahan, adalah salah satu gerbang seseorang untuk mereguk pahala dari Allah. Selain memberti kenyaman dan ketenangan batin untuk pasangan yang menikah, mencurahkan kasih sayang juga meneruskan keturunan yang baik, menjadi pribadi solehah penerus perjuangan Rasulullah dalam menegakkan dienul Islam di muka bumi.
Selain itu pernikahan disebut juga sebagai sarana  terbaik untuk mencari rezeki. Bagaimana tidak, biasanya seorang yang belum menikah, mempunyai rumah saja tidak, namun setelah menikah Allah meluaskan rezeki pribadi-pribadi yang menikah. Dengan caraNya, rezeki pasca menikah bisa mengalir dengan lancar. 
Istri yang sholehah, taat pada suami dan tentu saja pada Allah dan RasulNya, menjadi ‘pengundang’ rezeki itu. Seorang istri yang baik, biasanya akan melakukan banyak hal untuk kebaikan dan kebahagiaan keluarga, termasuk apapun yang menjadi keinginkan dan perintah suami, karena memang disadari seorang suami mempunyai kewajiban yang besar terhadap istrinya, sepanjang suami yang sholeh dan mencintai Allah dengan baik. Bahkan, begitu bakti pada suami, Rasulullah sampai bersabda:
“Seandainya aku memerintahkan seseorang untuk sujud pada yang lain, maka tentu aku akan memerintah para wanita untuk sujud kepada suaminya karena Alla telah menjadikan begitu besarnya hak suami yang menjadi kewajiban istri.” (HR. Abu Daud, Tirmidzi, Ibnu Majah, dan Ahmad)”.
Seorang istri yang akhirnya akan memberikan semangat pada suami untuk mencari rezeki dngan cara yang halal tentu akan berimbas pada hasil yang akan didapatkan suami atas izin Allah. Namun benarkah ada istri yang bisa mengundang rezeki? Berikut disampaikan 10 sifat istri yang dapat mengundang rezeki yang melimpah, yakni:

1. Istri yang sholehah yang mencintai Allah dan RasulNya.

Ibnu Thaimiyah berkata dalam kitabnya yaitu “Majmu al-Fatawa” bahwa “Tidak ada hak yang lebih wajib untuk ditunaikan seorang wanita—setelah hak Allah dan Rasul-Nya—daripada hak suami.”
Dari ayat tersebut jelas jika istri yang sholeh akan mengutamakan terlebih dahulu Allah dan Rasulnya yang setelahnya adalah suami, adalah sebuah keharusan yang harus ditunaikan oleh istri yang sholeh.
Implikasinya jelas, jika istri takut pada Allah dan RasulNya maka ia tidak akan berbuat melampoi batas, membuat kecurangan, kerusakan dan menghindari akhlak tercela. Istri dalam jalur seperti itu tentu lebih mudah memperoleh perhatianNya, hingga setiap yang dilakukannya mendapat ridha Allah. Termasuk ketika ia dan suami berusaha untuk memperoleh rezeki yang halal dan barakah, maka Allah akan mengijabahi upaya dan doa-doaNya.

2. Pemimpin Rumah tangga adalah suami, dan istri harus ridho pada kepemimpinannya.

“Laki-laki adalah pemimpin atas wanita karena Allah telah melebihkan sebagian dari mereka (laki-laki) atas sebagian yang lain (wanita) dan dengan sebab sesuatu yang telah mereka (laki-laki) nafkahkan dari harta-hartanya. Maka wanita-wanita yang saleh adalah yang taat lagi memelihara diri di belakang suaminya sebagaimana Allah telah memelihara dirinya”. (Q.S. An Nisa : 34).
keridhoan ini bukan tanpa sebab. Dizaman sekarang ini, terkadang pengendali rumahtangga dan yang mendominasi adalah istri atau ibu. Hal ini memang harus diluruskan. Dalam Islam, kepemimpinan itu memang terletak pada lelaki, meskipun ia miskin atau dalam status social yang lebih rendah dari istri.
Istri yang ridha akan membuat rumahtangga nyaman dan membuat suami leluasa mencari rezeki yang halal.

3. istri yang selalu berseri-seri wajahnya dihadapan suami

bukan perkara mudah untuk melakukan ini. Banyak istri yang tidak memahami jika wajah sumringah melambangkan keikhlasan hati dalam melayani suami dan keluarga. Hingga suami menjadi sejuk hatinya, seperti doa setiap suami:
“Ya Allah berikanlah istri dan keturunan yang menyejukkan hati..”
Doa yang indah dari suami setelah menjalankan shalat akan berimbas pada kinerja yang baik hingga membuat suami dapat melakukan tugas-tugasnya dengan baik.

4. Istri yang cermat dalam mengurus keuangan suami.

Tidak semua istri bisa melakukan hal yang demikian. Terkadang malah melakukan sebaliknya, yakni menghambur-hamburkan uang suami, bahkan berhutang banyak untuk membeli barang-barang mewah tanpa seizing suami.
Istri yang cermat akan menjaga dan membelanjakan keuangan suami sesuai porsinya. Hingga suami tidak segan dan mempercayakan keuangan padanya.
Menurut syekh Sayyid Nada, seorang istri dilarang menggunakan harta suaminya tanpa izin juga bersifat boroskan harta suami tanpa hak, karena diakherat nanti akan dimintai pertanggungan jawab.

5. Istri yang bisa diajak diskusi mengenai masa depan keluarga.

Istri yang seperti ini memang diharapkan oleh para suami. Ia bisa dengan cerdas memberikan solusi saat keuangan keluarga mengakami hambatan, atau usaha mulai menurun. Masukan istri yang baik dan memberi jalan keluar akhirnya akan membawa dampak positif yang akhirnya menuntun suami untuk mencari rezeki jauh lebih baik dan semangat.

6. Istri yang bisa ikhlas menerima pemberian suami.

Istri yang ikhlas ini merupakan salah satu dari 10 sifat istri yang dapat mengundang rejeki yang melimpah. Karena keikhlasan hatinya menerima berapapun penghasilan suami, tanpa banyak mengeluh. Dengan demikian suami akan lebih tenang untuk mencari rezeki yang melimpah.

7. Melayani kebutuhan suami dengan rela hati

Seorang istri yang memperhatikan dengan cermat apa-apa yang menjadikan kebutuhan sang suami dalam batasan yang baik. Bahkan dalam satu riwayat Malaikat Jibril telah datang pada Rasulullah dan berkata “Ya Rasulullah, Khadijah telah datang padamu dengan membawa bejana berisi sayur, lauk pauk atau makanan dan aminuman.  Apabila ia telah  datang kepadamu, maka sampaikanlah salam kepadanya dari Rabbnya dan dariku, serta kabarkan kepadanya kabar gembira dengan sebuah istana dalam surga yang terbuat dari permata, tanpa keributan didalamnya dan tanpa kesusahan”.
Subhanallah, istri yang demikian membuat sejuk hati suami dan memudahkannya untuk mencari rezeki yang baik. 

8. Istri yang bisa diajak kerjasama dalam mencari rezeki

Tidak bisa dipungkiri pada masa sekarang ini mencari rezeki bukan dominasi lelaki saja. Wanitapun, sang istri bisa turut membantu untuk menjadikan kesuksesan keuangan dalam keluarga. Tidak jarang suami istri berkongsi dalam usaha. Dan ini akan lebih terasa saling membantu dan turut memperjuangkan jatuh bangunnya sebuah usaha bersama.

9. Istri yang selalu minta keridhaan suami.

Keridhaan ini tentu bukan seluruh perbuatan atau pekerjaan, namun untuk hal-hal yang penting  dan suami memang harus tahu mengenai hal itu.
Kerihaan itu sesuatu yang sebenarnya menempati posisi sangat penting. Jika semisal istri akan bekerja diluar rumah, istri akan melakukan suatu pekerjaan yang mungkin dirasa membahayakan, atau pekerjaan yang meskipun mendapatkan uang banyak namun akan membuat keutuhan rumah tangga tergadaikan, maka keridhaan suami itu menduduki porsi utama.
Hadist Rasulullah ” Maukah kalian kuberitahu isteri-isteri yang menjadi penghuni surga yaitu isteri yang penuh kasih sayang, banyak anak, selalu kembali kepada suaminya, dimana jika suaminya marah dia mendatangi suaminya dan meletakkan tangannya pada tangan suaminya seraya berkata ” Aku tak dapat tidur sebelum engkau ridha” (H.R.An Nasai). 
Istri yang selau minta ridha suami akan membuat suami merasa dihargai sebagai kepala keluarga dan pemberi nafkah hingga ia merasa bertanggung jawab untuk mencari rezeki  lebih banyak lagi untuk keluarga.

10. Istri yang tak henti mendoakan kesuksesan suami.

Doa yang tersemat dari istri yang sholehah yang tak hentinya mendoakan kesuksesan, kesehatan dan keselamatan suami akan membantu membukakan pintu rizki itu dan akhirnya akan menguandang banyak rezeki.
Memiliki istri yang baik, sholeh sebenarnya adalah salah satu karunia Tuhan yang luarbiasa   untuk suami. Istri tidak hanya sekedar mengerti tugas dan kewajibannya namun bisa membuat kehiduoan rumahtangga berwarna sangat indah. Ia bisa menjadi motivator, teman, sahabat, juga partner kerja yang baik untuk suami mencari rezeki. Demikianlah 10 sifat istri yang dapat mengundang rezeki melimpah.

Loading...