Minggu, 19 November 2017

Penting! Ini Alasan Mengapa Harus Sedekah di Pagi Hari

KajianLagi - Kapankah waktu yang paling Anda sukai untuk bersedekah? Sedekah termasuk salah satu amalan yang sangat dianjurkan untuk dilakukan secara rutin, karena didalamnya terdapat banyak kebaikan. Sedekah juga merupakan salah satu kunci sukses untuk menjadi orang kaya. Mungkin terlihat mustahil, karena teorinya kalau kita mengeluarkan maka harta kita akan berkurang. Tapi kenyataannya justru sebaliknya, karena sedekah membuat harta kita semakin berkah dan bertambah. Hal ini bukan tanpa alasan, karena sedekah merupakan salah satu bentuk berniaga dengan Allah. Bahkan, mengenai bertambahkan harta yang disedekahkan juga banyak disebutkan dalam Al Quran maupun hadist, yang salah satunya adalah : Wajib Tahu, Ini Waktu-Waktu Ketika Pintu Langit Dibuka 
sedekah/eramuslim.com
   “Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipatgandakan (ganjaran) bagi siapa yang dia kehendaki. Dan Allah Maha luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui.” (QS. surat al-Baqarah ayat 261) Wanita, Ini Dosa Lisan yang Menyeretmu Ke Neraka

Kenapa harus bersedekah setiap pagi?

Ada sebuah hadits yang menyebutkan jika sedekah sebaiknya dilakukan sejak pagi hari, kira-kira apa alasannya? Nah, agar kita semakin tahu apa keutamaan bersedekah tiap pagi, simak penjelasannya berikut ini :

1.    Didoakan malaikat

Didoakan orang lain saja kita sudah bahagia, apalagi ini malaikat langsung yang mendoakan kita, maka dijamin tidak ada apapun yang bisa menghalangi terkabulnya doa.
Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu sesungguhnya Nabi Muhammad shollallahu ‘alahi wa sallam bersabda: “Tidak ada satu Shubuh-pun yang dialami hamba-hamba Allah kecuali turun kepada mereka dua malaikat. Salah satu di antara keduanya berdoa: “Ya Allah, berilah ganti bagi orang yang berinfaq”, sedangkan yang satu lagi berdo’a “Ya Allah, berilah kerusakan bagi orang yang menahan (hartanya)” (HR Bukhary 5/270)

2.    Membuat kita bahagia dan bersemangat

Ada yang bilang jika ingin bahagia, maka buatlah orang lain bahagia. Nah, sedekah termasuk salah satu cara untuk membuat orang lain bahagia. Jika sejak pagi saja kita sudha bersedekah, maka aura kebahagiaan akan membuat kita semakin bersemangat menjalani aktivitas seharian.

3.    Memudahkan urusan kita

Sedekah termasuk salah satu cara memudahkan urusan orang lain, karena orang yang tadinya tidak bisa sarapan jadi bisa sarapan, orang jadi bisa member uang saku anaknya, suami bisa member belanja pada isterinya dan lainnya. Padahal ada sebuah hadits yang menyebutkan jika kita memudahkan urusan orang lain, maka Allah akan memudahkan urusan kita.
Rasulullah bersabda, “Barangsiapa yang ingin doa terkabul dan dibebaskan dari kesulitannya, hendaklah dia membantu mengatasi kesulitan orang lain.” (HR. Imam Ahmad)
Ternyata sedekah di pagi hari memiliki keutamaan yang luar biasa untuk kehidupan kita sendiri dan orang lain yang kita sedekahi. Semoga Allah ringankan kita untuk senantiasa bersedekah di pagi hari.
Loading...