Rabu, 16 Mei 2018

Kenapa Harus Lakukan Ini Saat Melihat Iringan Jenazah?

KajianLagi - Apa yang harus dilkaukan saat melihat iringan jenazah? Kebanyakan orang hanya mengucapkan innalillahi wainna ilaihi rojiun saja. Ternyata islam mengajarkan adab tersendiri ketika melihat iringan jenazah. Namun sayangnya, jaman sekarang banyak orang yang tak memahaminya sehingga mereka menganggap biasa saja dan tak perlu lakukan apa-apa. Padahal Rasulullah sendiri sudah memberikan tauladan tentang bagaimana dan apa yang harus dilakukan saat melihat iringan jenazah. Wanita Tukang Pamer Itu Tanda Dia Tak Bahagia, Benarkah?
saat melihat jenazah/http:/daarulmultazam.com
Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam bersabda,
“Apabila kalian meliat jenazah, maka berdirilah hingga jenazah tersebut melalu kalian.” (Muttafaq Alaih)
Hadits diatas menjelaskan bahwa ketika kita melihat rombongan yang membawa atau mengiringi jenazah, hendaknya berdiri saja menyaksikan. Melalui kalian disini dimaksudkan hingga jenazah sudah menjauh/berlalu dari hadapan Anda. Berdiri hingga jenazah berlalu itu dimaksudkan sebagai tanda penghormatan kita pada orang yang sudah meninggal. Jangan remehkan senyuman indah orang yang meninggal

Tak Hanya wajib menghormati jenazah orang islam, tapi semua umat beragama

Jika ada yang bertanya, pada jenazah siapakah kita harus memberikan penghormatan, maka jawabannya adalah kepada semua manusia, tanpa kecuali.Bolehkah Istri Menolak Tinggal Di Rumah Mertua?
Jabir bin Abdillah Radhiyallahu Anhu menceritakan, bahwa suatu hari ketika mereka sedang duduk-duduk, lewat iringin jenazah di hadapan mereka. Maka Nabi pun berdiri menghormatinya dan para sahabat juga turut berdiri bersama beliau. Kemudian ada sahabat yang mengatakan kepada beliau, bahwa itu adalah jenazah seorang Yahudi. Lalu beliau bersabda, “Bukankah dia manusia juga?”
Namun mengenai perintah berdiri saat melihat melihat iringan jenazah, karena ada juga hadits lain yang menyuruh duduk setelah sebelumnya menyuruh berdiri.
Ali bin Abi Thalib Radhiyallahu Anhu berkata,
“Dulu Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam memerintahkan kami berdiri menghormati jenazah. Kemudian beliau duduk setelah itu dan memerintahkan kami untuk duduk.” (HR. Ahmad dan Malik)

Bagaimana Jika Melihat Iringan Jenazah dengan ambulance?

Harusnya ketika mendengar ada sirine mobil ambulance, entah itu berisi orang sakit atau jenazah, kita harus langsung minggir untuk memberikan jalan. Akan tetapi zaman sekarang banyak orang yang sudah tidak mempedulikan adab dan kesopanan sehingga yang terjadi sangat memprihatinkan, karena kadang meskipun mendengar sirine ambulance, mereka tetap diposisinya. Tapi tentu tidak semuanya, mungkin Anda salah satunya yang selalu menghormati dan memberikan jalan kepada mobil ambulance. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat untuk kita semua.

Loading...