Senin, 03 September 2018

Sering Tak Disadari, Ini 7 Hal Menyakitkan yang Sering Dilakukan Suami pada Isteri

Berlaku baik pada isteri merupakan hal yang sangat dianjurkan bagi suami, bahkan disebuah hadits disebutkan bahwa hal ini merupakan indicator kesempurnaan iman seorang muslim. Berlaku baik pada isteri bisa dilakukan dengan banyak cara, dari mulai melindungi, menafkahi, lemah lembut dan bersabar, tidak menyebarkan aibnya, membantu pekerjaan isteri, dan masih banyak yang lainnya. Selain itu, berperilaku baik pada isteri juga bisa dilakukan dengan tidak mengatakan hal-hal yang menyakitkan isteri. Isteri! Ini 7 Ujian Berat Setelah Menikah Yang Wajib Diantisipasi
Menyakiti isteri
Namun sayangnya, masih banyak suami-suami jaman Now yang tak sadar sudah menyakiti hati isteri dengan kata-katanya. Nah agar isteri Anda tidak sakit hati, sebaiknya para suami jangan pernah katakan 7 hal berikut ini : Ini 7 Alasan Kenapa Suami Wajib Bersikap Romantis Pada Isteri

1.    Mencela makanannya, misalnya : “Yach, makanannya cuma begini aja?”

Salah satu cara menyenangkan isteri adalah dengan menghargai apa yang diberikan isteri, termasuk makanan yang disajikan di meja makan. Meski kurang cocok dengan masakan isteri, jangan pernah mencela makanan buatannya. Syukuri bahwa itu merupakan rezeki Anda dan kalaupun ada yang kurang sreg, ucapkan dengan penuh kasih sayang, misalnya : sayang, masakan hari ini sangat enak, tapi besuk garamnya dikurangi ya, bisa darah tinggi nih ayah (jika makanan keasinan).

2.    Menceritakan atau bertanya tentang wanita lain pada isteri

Adakalanya mungkin isteri merasa tidak masalah ketika suami membahas wanita lain bersamanya, akan tetapi bisa jadi masalah ini memantik kecemburuan dan membuat isteri tidak nyaman. Daripada membahas wanita lain yang bukan siapa-siapa Anda, kenapa tidak membahal keluarga Anda saja?

3.    Membanding-bandingkan isteri

Siapapun orangnya pasti akan marah ketika dibanding-bandingkan dengan orang lain, apalagi yang lebih dari kita.  Begitu juga dengan isteri Anda. Untuk itu, jangan coba-coba menjadikan isteri Anda sebagai bahan berbandingan karena itu sangat menyakiti hati dan perasaannya.

4.     Meremehkan tugas isteri, misalnya : “Rumah seperti kapal pecah, ngapain saja seharian di rumah?”

Siapa sich yang tidak ingin melihat rumah rapi, bersih dan wangi? Namun sebagai suami, Anda harus bijak, apalagi jika Anda memiliki anak balita yang mungkin lebih dari satu. Mengatakan hal tersebut tentu sangat menyakitkan bagi isteri, karena bukan tidak mungkin isteri sudah membersihkan rumah lebih dari 3 kali sehari. Tapi karena anak-anak Anda terlalu aktif sehingga rumah jadi terlihat tidak dibersihkan. Yang seharusnya Anda lakukan adalah membantu bersihkan atau berikan penjelasan pada anak-anak untuk membantu bundanya membereskan mainannya sendiri.

5.    Membebankan semua ke isteri, misalnya : “Anakmu itu loh, urusin!”

Tak semua ayah mau dibikin ribet sama urusan anak, mereka akan lebih memilih menyerahkan semua sama ibunya. Sebenarnya tidak masalah, para ibu memang selalu siap sedia demi anaknya, asalkan suami tidak asal nyeplos saja, misalnya “ tuh urus anakmu, anakmu itu ganggu aja, atau yang lainnya. Bicaralah dengan sopan dan jangan menyakitkan hati isteri. Jangan bicara seolah-olah semua urusan anak adalah urusan isteri, karena hal ini akan memicu keributan dalam keluarga. Anak adalah tanggung jawab orang tua, baik ayah dan ibu. Jadi sangat tidak adil jika sebagai ayah, Anda tidak ikut berperan dalam mendukung tumbuh kembang anak-anak.

6.    Menganggapnya sebagai isteri yang boros, misalnya : “Masa duit segitu tidak cukup!”

Meski sepele, namun pertanyaan masalah duit tersebut sangatlah menyakitkan hati isteri, karena ada kesan bahwa isteri tidak becus mengatur masalah keuangan. Padahal bisa jadi dia sudah berusaha menghemat pengeluaran hingga mengorbankan kebutuhannya agar uang belanja yang Anda berikan bisa cukup. Daripada menanyakan hal menyakitkan tersebut lebih baik Anda bantu mencari solusi atas apa yang dikeluhkan isteri.

7.    Mencela penampilan isteri

Ketika Anda merasa kurang berkenan dengan dandanan isteri, jangan pernah mencela apalagi menghinanya. Katakan saran Anda dengan baik-baik agar isteri tidak sensitive dan kehilangan rasa percaya diri.
Meski sepele, namun 7 hal diatas bisa fatal akibatnya kalau tidak dikatakan pada situasi yang tepat. Selain dapat menyebabkan cekcok juga pertengkaran yang tak ada ujungnya. Semoga bermanfaat!
Loading...