Kamis, 02 Februari 2017

Baca Surat Al Kahfi Setiap Malam Jumat, Ini Khasiat Dahsyat yang Kau Dapatkan

Membaca Al quran tidak hanya diganjar pahala melimpah, tapi juga dapat berikan manfaat yang luar biasa dahsyat di dunia. Salah satu surat Al Wuran yang dianjurkan untuk dibaca secara rutin setiap malam jumát atau hari jumlat adalah Surat Al Kahfi. Mungkin tak banyak yang tahu, apa saja manfaat dan keutamaan yang kita peroleh jika istiqomah membacanya? Nah, agar kita senantiasa istiqomah membacanya dan mengajarkan kepada keluarga, teman, dan orang-orang terdekat agar mereka mau mengikutinya, sebaiknya simak dulu khasiat dahsyatnya, berikut ini :
sumber gambar/satujam.com

Sekilas tentang Surat Al Kahfi

Surat Al Kahfi bisa juga disebut sebagai Ashabul Kahf yang merupakan surat Makkiyah atau yang diturunkan di Kota Mekkah. Surah Al Kahfi terdiri atas 110 ayat, dimana didalamnya mengisahkan tentang beberapa pemuda yang tertidur dalam gua selama bertahun-tahun lamanya.

Manfaat dahsyat yang kita dapatkan dengan istiqamah membaca surat Al Kahfi

Ingin tahu, apa sajakah keutamaan dan manfaat yang kita peroleh? Simak informasinya berikut ini :

•    Terhindar dari fitnah dajjal

“Barang siapa membaca Surah Al Kahfi pada hari Jum’at, maka Dajjal tidak bisa memudharatkannya,” (HR-Dailami).

•    Diberi cahaya oleh Allah

 “Siapa yang membaca dari Surah Al-Kahfi, maka jadilah baginya cahaya dari kepala hingga kakinya dan siapa yang membaca keseluruhannya, maka jadilah baginya cahaya antara langit dan bumi,” (HR Ahmad).

•    Diampuni dosanya diantara dua jumat

Dalam riwayat lain masih dari Abu Sa’id al-Khudri radhiyallahu 'anhu, Rasulullah bersabda, Dari Ibnu Umar radhiyallahu 'anhuma, Rasulullah SAW bersabda:
“Siapa yang membaca surat Al-Kahfi pada hari Jum’at, maka akan memancar cahaya dari bawah kakinya sampai ke langit, akan meneranginya kelak pada hari kiamat, dan diampuni dosanya antara dua jumat.”

Kapan Membaca surat Al Kahfi

Kita disunnahkan membaca surat al kahfi pada kamis sore atau malam jumát atau bisa juga pada hari jumatnya sebelum matahari terbenam.

Baca sebagian atau semua surat?

Kita dianjurkan membaca 10 ayat pertama atau 10 ayat terakhir, atau akan lebih bagus lagi jika Anda mampu membaca keseluruhan.
Dari Abu Darda’ radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Siapa yang menghafal sepuluh ayat pertama dari surat Al-Kahfi, maka ia akan terlindungi dari Dajjal.” (HR. Muslim no. 809)
Dalam riwayat lain disebutkan, “Dari akhir surat Al-Kahfi.” (HR. Muslim no. 809)
Setelah mengetahui penjelasan diatas, masihkah Anda berat melakukannya? Semoga bermanfaat yaa!
Source : rumasyo, VOA islam
Loading...