Rabu, 04 Maret 2020

Jangan Panik! Ini 5 Langkah Sederhana Hadapi Virus Corona

Loading...
Virus Corona, siapa sich yang tidak merasa takut kala mendengar tentang terror virus mematikan itu, apalagi saat ini sudah berada di Negara kita? Semenjak berita itu menyebar, masyarakat dibuat resah gelisah bahkan cenderung paranoid. Padahal, rasa panik, stress dan ketakutan berlebihan itu justru dapat berdampak buruk bagi diri sendiri maupun orang lain. 
Harusnya, berita yang beredar tentang virus corona membuat kita lebih semangat lagi untuk menjaga kesehatan diri, keluarga dan lingkungan.  Apalagi sebagai seorang yang beriman, pastilah kita semua yakin bahwa tak ada satupun yang bisa terjadi tanpa kehendak Allah SWT. Semua yang terjadi, termasuk virus corona di negeri kita ini pastilah didalamnya terdapat hikmah tersendiri yang mungkin belum kita sadari saat ini. Lalu apa yang harus kita lakukan jika ada suatu musibah, ujian maupun cobaan yang tengah menimpa suatu negeri? Tetap bersikap tenang, berpikir positif dan kita bisa melakukan beberapa langkah antisipasi, diantaranya :

1. Tidak mendatangi negeri yang berdampak

Islam memberikan aturan yang jelas banget, bahkan mengenai wabah penyakit yang menimpa suatu negeri. Hal itu sebagaimana disebutkan dalam hadits berikut ini yang artinya :
Dari Abdurrahman bin Auf, Rasulullah SAW bersabda : Apabila kamu mendengar wabah berjangkit di suatu negeri, maka janganlah kamu datangi negeri itu. Dan apabila wabah itu berjangkit di negeri tempat kamu berada, janganlah kamu keluar dari negeri itu karena hendak melarikan diri darinya. (HR. Muslim)

2. Mengonsumsi makanan yang halal dan baik

Islam mengatur dengan detil tentang mana makanan yang boleh dan tidak dikonsumsi. Semua itu tentu demi kebaikan kita semua. Maka itu, pastikan Anda hanya memilih makanan yang halal dan toyyib karena sudah pasti akan baik untuk kesehatan tubuhmu.

3. Menghindari makanan yang haram atau tidak jelas

Tak hanya wajib menghindari makanan yang haram, kita juga wajib menghindari makanan yang tidak jelas kehalalannya. Jangan hanya karena sensasinya, lantas kita rela melanggar apa yang diharamkan, seperti mengonsumsi daging binatang yang jelas-jelas diharamkan karena memicu penyakit, seperti : tikus, kelelawar, ular dan lainnya.

4. Menjaga wudhu

Wudhu termasuk amalan yang diwajibkan untuk menghindari virus corona. Menjaga wudhu tak hanya membuat kondisi kita senantiasa suci untuk beribadah tapi juga membantu menjaga kesehatan tubuh dari kotoran, virus dan bakteri yang dapat membahayakan tubuh.

5. Baca doa agar dijauhkan dari wabah penyakit

Selain upaya yang disebutkan diatas, pastikan kita juga membentengi diri, keluarga dan negeri ini dnegan rutin membaca amalan/doa agar terhidar dari wabah/virus.
BISMILLAHILLADZI LA YADHURRU MA'ASMIHI SYAI'UN FIL ARDHI WA LAA FIS SAMA'I WA HUWAS SAMI'UL 'ALIM.
Artinya: Dengan nama Allah Yang bersama NamaNya sesuatu apa pun tidak akan celaka baik di bumi dan di langit. Dialah Maha Medengar lagi maha Mengetahui.
Atau bisa juga membaca doa berikut ini :
ALLAAHUMMA INNII AUUDZU BIKA MINAL BAROSHI WAL JUNUUNI WAL JUDZAAMI WA MIN SAYYI'IL ASQOOMI
Artinya : Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari penyakit belang, gila, kusta, dan dari segala penyakit yang buruk/mengerikan lainnya. (HR. Abu Dawud No. 1554)
Semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi kita semua dan semoga kita diselamatkan dari wabah mematikan yang melanda negeri kita tercinta. Dan semoga musibah ini segera berlalu