Sabtu, 25 Maret 2017

Ternyata Ini Penyebab Doa Kita Tak Kunjung Dikabulkan

KajianLagi - Sudah berdoa berkali-kali dengan penuh harap, tapi tak juga dikabulkan, kira-kira apakah yang salah dengan doa kita, bukankah katanya Allah suka jika kita berdoa padaNya? Bahkan Allah juga marah jika ada hambaNya merasa tidak perlu berdoa dan memberikan cap pada orang tersebut sebagai orang yang “Sombong”. Jika demikian kenyataannya, lalu kenapa ada beberapa orang yang doanya tak kunjung dikabulkan? Ada sebagian orang merasa kecewa, menganggap Allah tidak sayang lagi padanya, bahkan putus asa ketika doanya tak kunjung dikabulkan. Padahal ada banyak sebab yang membuat doa kita tak kunjung dikabulkan. Dengan mengetahui penyebabnya, niscaya kita bisa melakukan perbaikan agar doa-doa kita lebih cepat terkabulkan.  Ibadah Ringan Ini Buat Anda Diharamkan dari Api Neraka
penyebab doa tidak terkabul/rumasyo.com

Kira-kira apa sajakah penyebab doa tak kunjung dikabulkan? Agar lebih jelasnya, simak informasinya berikut ini :

Tergesa-gesa ingin dikabulkan doanya

Salah satu penyebab gagalnya doa adalah karena kita tergesa-gesa ingin doa cepat dikabulkan. Karena ketika rasa itu datang, maka kita akan merasa cemas menanti terkabulnya doa. Rasa cemas membuat semuanya terasa lama dan kondisi ini membuat Anda akan melupakan doa karena terfokus pada rasa kecewa akibat penantian yang tak kunjung jadi kenyataan. Padahal ada sebuah hadits yang menyebutkan larangan kita tergesa-gesa saat berdoa, karena buat tidak dikabulkan doa kita, yakni : Jangan Poligami Jika Diniatkan untuk 6 Hal Ini
Nabi –shallallaahu ‘alaihi wa sallam- pernah bersabda: “Doa seorang hamba akan senantiasa dikabulkan, selama dia berdo’a bukan untuk keburukan atau memutus tali silaturahim dan selama dia tidak tergesa-gesa dalam berdo’a. Kemudian seseorang bertanya, ‘Ya Rasulallah, apa yang dimaksud tergesa-gesa dalam berdo’a ?’. Kemudian Rasulullah menjawab, yaitu seseorang yang berkata, ‘Sungguh aku telah berdo’a dan berdo’a, namun tak juga aku melihat do’aku dikabulkan’, lalu dia merasa jenuh dan meninggalkan do’a tersebut”. (HR Muslim)

Berdoa yang buruk

Alasan lain mengapa doa kita tidka diijabah Allah adalah karena kita berdoa yang buruk, mislanya berupa sumpah serapah, memutus tali silaturrahmi, dan lainnya.
Dari Abu Hurairah dari Rasulullah SAW bersabda;“Doa seseorang senantiasa akan dikabulkan selama ia tidak berdoa untuk perbuatan dosa ataupun untuk memutuskan tali silaturahim dan tidak tergesa-gesa.” Seorang sahabat bertanya; ‘Ya Rasulullah, apakah yang dimaksud dengan tergesa-gesa? ‘ Rasulullah Saw menjawab: ‘Yang dimaksud dengan tergesa-gesa adalah apabila orang yang berdoa itu mengatakan; ‘Aku telah berdoa dan terus berdoa tetapi belum juga dikabulkan’. Setelah itu, ia merasa putus asa dan tidak pernah berdoa lagi.’ (H.R.Muslim)

Berdoa tapi merasa tidak yakin

Berdoa harus dilakukan penuh keyakinan, bukan main-main apalagi dengan hati yang tidak yakin karena hal ini bisa menjadi penyabab gagalnya doa kita. Sebagaimana dalam sebuah hadit, yang artinya :
Dari Abu Hurairah; Rasulullah SAW bersabda:
“Berdoalah kepada Allah dalam keadaan yakin akan dikabulkan, dan ketahuilah bahwa Allah tidak mengabulkan doa dari hati yang lalai.” (H.R. At-Tirmidzi)

Apa yang harus dilakukan saat doa tak dikabulkan

Jangan pernah putus asa ketika doa kita tidak dikabulkan, karena tak ada yang namanya sia-sia dalam berdoa. Bisa jadi doa kita ditunda sekarang ini, tapi akan diberikan pada moment yang tepat atau jika di dunia tidak dikabulkan, bisa jadi Allah menundanya untuk diberikan di akhirat kelak. Yakinlah bahwa tidak ada doa yang tak akan diijabahi, semua pasti akan terjadi atas ijinNya.

Waktu-waktu yang dianjurkan berdoa

Agar doa cepat diijabahi, pastikan pilih waktu yang tepat. Ada beberapa waktu yang mustajabah jadi ketika kita berdoa pada waktu-waktu tersebut, maka doa kita akan lebih cepat dikabulkan. Diantara waktu-waktu tersebut, antara lain :
•    Sepertiga malam terakhir
•    Pada saat sujud terakhir shalat fardhu
•    Diantara adzan dan iqamah
•    Saat berbuka puasa
•    Saat bangun tidur
•    Saat terjadi perang
•    Malam lailatul wadar
•    Saat hujan turun
•    Di hari arafah
•    Doa mukmin untuk saudaranya tanpa sepengetahuannya
•    Doa ketika dalam perjalanan
Dengan memahami penjelasan diatas, maka diharapkan kita akan lebih tahu bagaimana adab berdoa yang baik agar lebih cepat diijabah oleh Allah Subhanallahu wa taala.
Tags : syarat doa dikabulkan, doa terkabul cepat, tanda tanda doa dikabulkan allah, 10 sebab doa tidak dikabulkan, waktu yang tepat untuk memanjatkan doa, doa terkabul dengan tahajud, 10 penyebab doa tidak terkabul, perbuatan yang membuat doa tidak diterima
Loading...