Rabu, 26 Juli 2017

Isteri! Ini Ciri-Ciri Suami Terbaik Menurut Islam

KajianLagi - Menurut Anda, suami terbaik itu yang seperti apa sich? Apakah yang suka memanjakan istrinya, memberikan banyak uang, suka memberikan hadiah, membebaskan istrinya melakukan apa saja yang disukainya dan berbagai kesempurnaan lainnya? Ternyata islam memiliki criteria khusus tentang suami yang terbaik. Kira-kira apakah Anda termasuk didalamnya ataukah masih banyak yang harus dibenahi untuk bisa mendapatkan label suami terbaik di hadapan Allah SWT? Agar lebih jelasnya, sebaiknya simak cirri-ciri suami terbaik dalam islam, berikut ini : Jangan Takut, Lakukan 7 Hal Ini Saat Mendampingi Orang Sakaratul Maut 
suami terbaik/https://media.ihram.asia

•    Suka membantu pekerjaan istri

Salah satu cirri suami terbaik adalah yang paling baik pada keluarganya, salah satunya dengan membantu pekerjaan istri sebagaimana yang dilakukan Rasulullah Shalallahu alaihi wasallam. Lakukan 2 Hal Sederhana Ini Agar Aurat Tidak Dilihat Jin
Dari Al-Aswad, ia bertanya pada ‘Aisyah, “Apa yang Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam lakukan ketika berada di tengah keluarganya?” ‘Aisyah menjawab, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa membantu pekerjaan keluarganya di rumah. Jika telah tiba waktu shalat, beliau berdiri dan segera menuju shalat.” (HR. Bukhari, no. 6039)

•    Suami yang paling baik pada istri, anak dan keluarganya

Ciri-ciri lainnya adalah selalu bersikap baik pada istri, anak dan juga keluarganya. Baik disini bisa diartikan tidak pernah menyakiti secara fisik maupun hati/perasaan keluarganya. 10 Perbuatan yang Sebabkan Kesulitan Hidup
Dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Sebaik-baik kalian adalah yang paling baik pada keluarganya. Aku sendiri adalah orang yang paling baik pada keluargaku.” (HR. Tirmidzi, no. 3895. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa hadits ini shahih)

•    Tidak pernah menyusahkan istri

Suami yang terbaik adalah suami yang tidak pernah menyusahkan isterinya dalam hal apapun. Untuk Suami, Pikirkan 6 Hal Sederhana Ini Sebelum Menghianati Istrimu
“Hai orang-orang yang beriman, tidak halal bagi kamu mempusakai wanita dengan jalan paksa dan janganlah kamu menyusahkan mereka karena hendak mengambil kembali sebagian dari apa yang telah kamu berikan kepadanya, terkecuali bila mereka melakukan pekerjaan keji yang nyata. Dan bergaullah dengan mereka secara patut. Kemudian bila kamu tidak menyukai mereka, (maka bersabarlah) karena mungkin kamu tidak menyukai sesuatu, padahal Allah menjadikan padanya kebaikan yang banyak.” (Q.S.al-Nisa (4) : 19)

•    Tidak boleh menelantarkan isteri dan keluarganya

Suami yang terbaik adalah yang menafkahi keluarganya, tidak boleh memukul dan menelantarkannya
Dari Hakim bin Mu’awiyah, dari ayahnya, dari Nabi saw.  Berkata mu’awiyah  ;  seorang laki-laki bertanya kepada Nabi saw tentang hak seorang istri dari suaminya. Nabi saw menjawab  ; engkau harus memberinya makan jika engkau mendapat makan, memberinya pakaian jika engkau mendapat pakaian,jangan memukul wajahnya dan jangan meninggalkan mereka  kecuali ia berada di rumah. (HR. Ahmad, Abu Daud dan Ibn Majah) 

•    Terbaik dalam memperlakukan istri

Terbaik dalam memperlakukan isteri menjadi tolak ukur iman seorang mukmin yang sempurna, jadi siapapun yang tidak baik dalam memperlakukan istrinya, maka bukanlah orang mukmin yang sempurna.
Dari Abu Hurairoh, ia berkata, Rasulullah saw bersabda  ;  iman orang-orang mukmin yang paling sempurna adalah yang terbaik akhlaknya dan yang terbaik diantara kamu sekalian adalah yang terbaik memperlakukan istri. (HR. Tirmidzi, Ahmad  dan Ibn Majah )

•    Suami harus memaklumi kekurangan isteri

Jika isteri memiliki kekurangan, suami tidak boleh serta merta membencinya, tapi harus memakluminya atau berusaha meluruskannya.
Dari Abi Hurairoh, ia berkata , Rasulullah saw bersabda  ;  Seorang mukmin tidak boleh membenci seorang mukminah. Jika ada satu perangai yang tidak disukainya, maka ada perangai lain yang di sukainya,  atau ia akan berkata lain. (HR. Muslim dan Ahmad)

•    Suami harus memiliki rasa cemburu pada istrinya

Suami juga wajib memiliki rasa cemburu pada istri dan anak perempuannya, terutama pada perbuatan maksiat yang dilakukan olehnya.
Dari Al-Mughirah, ia berkata,  berkata Sa’ad bin Ubadah  ; kalau aku melihat istriku bersama laki-laki lain, niscaya laki-laki itu aku pukul dengan pedang tanpa ampun  !  Perkataan Sa’ad itu sampai kepada Rasulullah saw.  Beliau kemudian bersabda  ;  apakah kamu seklian kagum terhadap rasa cemburu Sa’ad ?  Sungguh, aku lebih pencemburu disbanding Sa’ad  dan Allah swt lebih pencemburu disbanding aku. (HR Bukhori  dan  Muslim)

•    Tidak menceritakan aib istri kepada orang lain

Sifat lainnya yang wajib dimiliki seorang suami adalah, menjaga rapat-rapat aib isterinya.
Dari Abdurrahman bin Sa’id, ia berkata ; aku mendengar abu Sa’id al-Khudri berkata,  Rasulullah saw bersabda  :  sesungguhnya orang yang paling buruk kedudukannya disisi Allah Swt pada hari kiamat adalah suami yang menunaikan hajatnya kepada istrinya dan istri yang menunaikan hajat kepada suaminya, kemudian suami tesebut menceritakan rahasia isrinya. (HR. Muslim)
Setelah mengetahui beberapa cirri suami terbaik menurut islam diatas, semoga para suami bisa menjadi suami terbaik dan untuk para isteri, semoga Allah karuniakan suami yang terbaik. Aamiin Ya Rabb..

Tags : suami terbaik menurut islam, ciri suami yang sayang istri, suami yg baik seperti apa, ciri suami bosan dengan istri, ciri ciri suami yang baik menurut islam, suami terbaik lirik, suami yg baik bagi istri, suami yg baik dimata allah
Loading...