Selasa, 29 Agustus 2017

Ini Alasan Kenapa Daging Kambing Penuh Keberkahan

KajianLagi - Jika disuruh memilih antara daging sapi atau kambing, manakah yang lebih Anda pilih? Banyak orang lebih suka memilih daging sapi, karena tidak memiliki bau prengus sebagaimana pada daging kambing. Selain itu, banyak sekali mitos yang beredar bahwa makan daging kambing dapat membahayakan kesehatan. Padahal kenyataannya tidaklah demikian, bahkan Rasulullah sendiri sangat menyukai daging kambing. Padahal apa yang disukai Rasulullah pastilah didalamnya ada banyak kebaikan. Kira-kira apa alasan Rasulullah menyukai daging kambing? Agar lebih jelasnya, simak penjelasannya berikut ini : Suami, Ini 9 Dosa yang Paling Sering Anda Lakukan Pada Isteri
daging kambing/http://www.animalieanimali.it
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
 “ Peliharalah (manfaatkan) oleh kalian kambing kerana di dalamnya terdapat barakah.” [HR Ahmad]
Rasulullah menyukai daging kambing bagian lengan, paha, dan leher
Ternyata Rasulullah Shallallahu’alaihi wasallam suka memakan daging kambing, terutama bahagian lengan dari daging seekor kambing.  2 Larangan yang Wajib Dihindari Sebelum Berqurban
Abu Hurairah r.a. berkata: “Suatu ketika dihidangkan ke hadapan Rasulullah Shallallahu’alaihi wasallam semangkuk bubur dan daging. Maka beliau mengambil bahagian lengan (dari daging tersebut), dan bahagian itulah yang paling disenangi oleh Nabi Muhammad Shallallahu’alaihi wasallam.” (HR. Muslim)
Dikisahkan juga oleh Dhuba’ah binti Zubair bahwa Ia pernah menyembelih seekor kambing. Pada saat utusan Rasulullah Shalalahu ‘Alaihi Wassallam menemuinya, yang tersisa dari daging kambing itu hanya lehernya, sehingga Dia merasa malu jika harus menghadiahkan kepada beliau. Utusan Rasulullah Shalalahu ‘Alaihi Wassallam kemudian menceritakan itu kepada Beliau. Lalu Beliau bersabda “Kembalilah kepadanya dan katakan, “Antarkan saja leher tersebut, karena itu adalah penunjuk kambing. Lebih dekat kepada kebaikan dan paling jauh dari penyakit.” (HR Bukhori Muslim dan Ahmad).
Pernah juga dikisahkan oleh Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu jika, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah disuguhi daging. Bagian kaki (dari daging itu atau paha) diberikan kepada Beliau. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menyukainya, maka beliau menggigit daging itu.” (HR. Bukhari dan Muslim)
Bukti Bahwa Daging Kambing Itu istimewa
Banyaknya keberkahan dalam daging kambing bisa diartikan bahwa dalam daging kambing terdapat banyak manfaat bagi kesehatan. Hal ini juga sudah dibuktikan melalui beberapa penelitian yang diantaranya adalah :

1.    Bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung

Menurut penelitian dari American Heart Association, daging kambing mengandung protein dengan rasio kandungan lemak yang sehat sehingga sangat bermanfaat untuk jantung sehat. Dalam daging kambing juga terdapat kandungan semua asam amino yang dibutuhkan tubuh.

2.    Daging Kambing membantu mengurai kolesterol jenuh

Akibat pola makan tidak sehat, maka kolesterol akan menumpuk dan mengendap dalam tubuh. Hanya kolesterol daging kambing yang sangat ampuh membantu menguraikan kolesterol kasar dalam tubuh.

3.    Mencegah Penyakit Darah Tinggi

Kemampuan kolestrol daging kambing dalam menguraikan kolesterol dalam darah yang menjadi penyebab tekanan darah meninggi. Konsumsi daging kambing membuat risiko darah tinggi bisa diturunkan.

4.    Mencegah obesitas atau kelebihan berat badan

Tumpukan lemak yang ada dibawah permukaan kulit bisa terbentuk karena kolesterol yang gagal dicerna oleh lever/hati sehingga dapat menyebabkan kegemukan/obesitas. Konsumsi daging kambing sangat bermanfaat membakar lemak yang berlebih dalam tubuh sehingga menyebabkan beberapa gejala akibat pembongkaran lemak, seperti : badan panas, keringat, dan telinga berdengung.

5.    Mencegah anemia

Dalam daging kambing terdapat kandungan zat besi tinggi sehingga ampuh mencegah anemia. Selain itu, daging kambing juga mengandung vitamin B12 yang sangat penting untuk menjaga kesehatan sel darah merah  dan niasin.

6.    Menjaga kecantikan kulit

Daging kambing mengandung vitamin C alami yang tidak teroksidasi, dimana keberadaanya sangat penting untuk kulit. Vitamin C yang tidak teroksidasi sangat penting untuk ketahanan dan pembangunan sel kulit, serta mempercantik kulit.
Setelah mengetahui beragam keistimewaan daging kambing diatas, masihkah Anda enggan untuk menikmatinya?
Loading...