Kamis, 04 Januari 2018

Mengenal Siapa Imam Mahdi dan Ciri-Cirinya Menurut Rasulullah

KajianLagi - Bagi Anda yang sudah sering mendengar cerita tentang kiamat, pastilah Anda tidak asing lagi dengan nama Imam Mahdi, bukan? Benar banget, kemunculan Imam mahdi merupakan salah satu tanda terjadinya kiamat. Akan tetapi, mungkin tak banyak yang tahu siapakah Imam Mahdi, bagaimana  ia muncul dan mengapa kehadirannya memiliki peran penting bagi umat islam akhir zaman? Agar lebih jelasnya, simak penjelasannya dalam artikel ini. Hal-Hal Penting yang Harus Dipersiapkan untuk Menghadapi Akhir Zaman
Imam mahdi/http://bhorerkhobor.com

Siapakah Imam Mahdi itu?

Imam Mahdi atau Al-Imam Al-Mahdi memiliki arti “Seseorang yang Memandu”. Imam Mahdi merupakan pemuda muslim yang dipilih oleh Allah Ta’ala untuk menghancurkan semua kezaliman dan menegakkan keadilan di muka bumi sebelum datangnya hari kiamat. Tentang sosok Imam Mahdi ini, Rasulullah Shalallau Alaihi wasallam pernah mengisyaratkan kehadirannya saat akhir zaman dalam sebuah hadits, yang artinya :Dukhan Akan Muncul Setelah 3 Tanda-Tanda Ini dan Ini Amalah yang Harus Anda Lakukan
“Andaikan dunia tinggal sehari sungguh Allah akan panjangkan hari tersebut sehingga diutus padanya seorang lelaki dari ahli baitku namanya serupa namaku dan nama ayahnya serupa nama ayahku. Ia akan penuhi bumi dengan kejujuran dan keadilan sebagaimana sebelumnya dipenuhi dengan kezaliman dan penganiayaan.” (HR abu Dawud 9435)

Bagaimana Ciri-Ciri Imam Mahdi?

Ketika Imam Mahdi muncul, maka kita umat muslim diwajibkan untuk berbaiat padanya, meskipun situasi sesulit apapun, bahkan digambarkan dalam sebuah hadist, bahwa kita harus berbaiat meskipun harus merangkak-rangkak diatas salju yang dingin.
 “Ketika kalian melihatnya maka ber-bai’at-lah dengannya walaupun harus merangkak-rangkak di atas salju karena sesungguhnya dia adalah Khalifatullah Al-Mahdi.” (HR Ibnu Majah 4074)
Bagaimana kita bisa berbaiat kalau tidak tahu cirri-ciri Imam Mahdi? Apakah tidak mungkin jika kelak ada orang yang mengaku-ngaku sebagai Imam Mahdi. Jangan khawatir, karena ternyata Imam Mahdi memiliki beberapa cirri-ciri fisik, yang diantaranya adalah :
•    Lelaki muda
•    Wajahnya bersinar
•    Berjenggot smepurna
•    Terdapat tahilalat di pipinya
•    Kulitnya seperti bangsa Arab (tidak kuning dan tidka pula hitam)
•    Bentuk tubuhnya seperti tubuh Israil (besar dan tinggi)
•    Mempunyai akhlak seperti Rasulullah, baik kasih sayangnya, murah hati, tawadhu, pemberani, adil, tawakkal, sabar, takut kepada Allah dan shalatnya khusyu’
Ciri-ciri Imam Mahdi lainnya juga dijelaskan pada sebuat hadits yang diriwayatkan oleh Abu Dawud sebagai berikut,
 “Al-Mahdi dari keluargaku, ubun-ubunnya tidak berambut, berhidung mancung, dia akan menyebarkan keadilan dan kebijaksanaan di seluruh penjuru bumi setelah sebelumnya diliputi oleh kedzaliman dan kerusakan, dan dia berkuasa selama 7 tahun.” (H.R Abu Dawud).

Kapan dan Bagaimana Imam Mahdi Muncul?

Imam Mahdi muncul setelah beberapa tanda sebagaimana digambarkan dalam sebuah hadits Nabi shollallahu ’alaih wa sallam, yang artinya :
“Aku kabarkan berita gembira mengenai Al-Mahdi yang diutus Allah ke tengah ummatku ketika banyak terjadi perselisihan antar-manusia dan gempa-gempa. Ia akan penuhi bumi dengan keadilan dan kejujuran sebagaimana sebelumnya dipenuhi dengan kesewenang-wenangan dan kezaliman.” (HR Ahmad 10898)
Dan juga hadits lainnya, yang artinya :
“Akan terjadi perselisihan setelah wafatnya seorang pemimpin, maka keluarlah seorang lelaki dari penduduk Madinah mencari perlindungan ke Mekkah, lalu datanglah kepada lelaki ini beberapa orang dari penduduk Mekkah, lalu mereka membai’at Imam Mahdi secara paksa, maka ia dibai’at di antara Rukun dengan Maqam Ibrahim (di depan Ka’bah). Kemudian diutuslah sepasukan manusia dari penduduk Syam, maka mereka dibenamkan di sebuah daerah bernama Al-Baida yang berada di antara Mekkah dan Madinah.” (HR Abu Dawud 3737)
Imam Mahdi muncul bukan atas kemauannya sendiri, melainkan karena adanya takdir Allah. Bahkan seorang pemuda tersebut juga tidak menyadari kalau dirinya adalah Imam Mahdi. Dia baru tahu setelah Allah mengislahkannya dalam satu malam, sebagaimana disebutkan dalam sebuah hadits yang artinya :
“Al-Mahdi berasal dari umatku, yang akan diislahkan oleh Allah dalam satu malam.” (HR. Ahmad dan Ibnu Majah).

Berapa Lama Imam Mahdi akan memimpin Umat Islam?

Imam Mahdi akan memimpin umat islam selama 7 atau 8 atau 9 tahun. Pada masa kepemimpinannya, ia akan membawa kaum muslimin untuk memerangi kezaliman hingga satu demi satu kedzaliman akan tumbang dibawah kekuasaanya. Kemenangan yang diraih oleh Imam Mahdi dan umat Muslim akan membuat murka Dajjal sehingga membuatnya keluar dari persembunyian dan berusaha membunuh Imam Mahdi serta pengikutnya. Lalu pada saat itu, Allah akan menurunkan Nabi Isa dari langit yang bertugas membunuh Dajjal. Kemudian, Imam Mahdi dan Nabi Isa akan bersama-sama memerangi Dajjal dan pengikutnya hingga Dajjal mati ditombak oleh Nabi Isa di "Pintu Lud" dalam kompleks Al-Aqsa.
Demikianlah informasi tentang siapa Imam Mahdi, kapan dan bagaimana kemunculannya, cirri-ciri fisiknya dan berapa lama ia memimpin umat islam. Semoga informasi yang berjudul Mengenal Siapa Imam Mahdi dan Ciri-Cirinya Menurut Rasulullah diatas dapat bermanfaat bagi kita semua.

sumber : dirangkum dari beberapa sumber
Loading...