Selasa, 02 Januari 2018

Petir Itu Malaikat Allah, Makanya Baca Doa Ini Saat….

KajianLagi - Pernah mendengar petir yang menggelegar keras? Ada yang bilang jika petir merupakan gejala alam yang biasa muncul ketika turun hujan. Petir berupa kilatan cahaya menyilaukan yang kadang disertai suara geledek keras yang menggelegar sehingga membuat kita merasa ngeri. Dalam islam, petir biasa disebut sebagai ar-ra'du, ash-showa'iq, dan al-barq. Ar ra’du sendiri merupakan suara petir atau geledek, sementara Ash-showa’iq dan al-barq merupakan kilatan cahaya menyilaukan mata yang keluar sebelum terdengar suara petir. Tahukah Anda jika ternyata petir merupakan malaikat Allah Subhanallahu Wa Taala. Mengenai masalah ini, kita bisa menyaksikan sendiri beberapa kisah dalam hadits, yang artinya : Mengenal Sujud Sahwi, Bacaan, dan Tata Caranya
Ibnu ‘Abbas radhiallahu ‘anhuma mengisahkan, “Bahwasanya orang-orang Yahudi mendatangi Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Mereka berkata, “Wahai Abul Qosim (yakni Nabi Muhammad), kabarkan kepada kami apa itu ar-ro’du (petir)? Mengejutkan! Ini Janji Allah Untuk Orang yang Menikah
Maka beliau shallallahu ‘alaihi wasalam menjawab,
 “Petir adalah malaikat dari malaikat-malaikat Allah yang ditugasi (mengurus) awan. Bersamanya ada alat (cambuk) dari api untuk menggiring awan ke tempat yang Allah kehendaki.”
Orang Yahudi itu bertanya lagi, “Lalu suara apa yang kita dengar (dari petir) ini?” Beliau menjawab, “Bentakan malaikat ketika menggiring awan, jika ia membentaknya, sampai berhenti ke tempat yang diperintahkan kepadanya.” (HR. Tirmidzi no.3117)
Masya Allah ya, baru tahu kalau ternyata petir itu adalah malaikatnya Allah. Bahkan petir juga bisa dimaknai sebagai bentuk tasbih dari malaikat penjaga langit, sebagaimana dalam ayat Al Quran yang artinya :
"Dan guruh bertasbih memuji-Nya (demikian pula) para malaikat karena takut kepada-Nya." (QS ar-Ra'd:13)

Ini Doa yang dianjurkan Saat Mendengar Suara Petir menggelegar

Petir yang keras seringkali membuat kita merasakan takut yang luar biasa. Untuk menangkal rasa takut tersebut, ternyata islam juga menganjurkan kita membaca doa tertentu saat mendengar petir. Apa sich doa yang bisa dibaca saat mendengar petir menggelegar? Simak langsung yuk…
”Subhanalladzi sabbahat lahu”
Yang artinya: Maha suci Allah yang petir bertasbih kepada-Nya.
Selain itu, Anda juga bisa membaca doa berikut ini :
 “Subhanalladzi yusabbihur ro’du bi hamdihi wal mala-ikatu min khiifatih”
Artinya: Mahasuci Allah yang petir dan para malaikat bertasbih dengan memuji-Nya karena rasa takut kepada-Nya).(Cucu Rizka Alifah)
Nah, jika demikian, jangan pernah lupa membaca doa diatas ketika mendengar suara petir yang menggelegar. Semoga informasi yang berjudul Petir Itu Malaikat Allah, Makanya Baca Doa Ini Saat…. Diatas dapat bermanfaat bagi kita semua.
Loading...