Rabu, 14 Februari 2018

Tips dan Cara Sederhana Agar Tidak Tergoda Pada Riba

KajianLagi - Pernah tergoda dengan riba? Riba memang menggiurkan, dia menawarkan kemudahan dan kesenangan hidup. Jika dulu, untuk memiliki segala sesuatu, kita dituntut untuk kerja keras agar bisa mendapatkannya. Sekarang justru sebaliknya karena riba membuat semuanya jadi serba mudah. Mau rumah, kendaraan, property maupun barang-barang lainnya bisa kita dapatkan hanya dalam waktu yang sangat singkat. Kemudahan semu itulah yang membuat semakin banyak saja orang terjebak dalam kubangan riba. Bagi yang sudah paham akan bahaya riba, mereka pasti akan berusaha menahan diri dari godaannya. Tapi itu tidaklah mudah, apalagi di zaman sekarang, dimana segala sesuatu diukur dari materi. Semua orang berlomba-lomba menunjukkan bahwa dirinya sudah mapan, sukses dan lebih dari yang lainnya, meskipun dengan cara riba.  Takziah dan Shalat Jenazah Buat Anda Mendapatkan Balasan Besar Ini 
riba/myhap.id

Tapi cobalah tanyakan pada hatimu, buat apa sich menipu diri? Mau berapa lama Anda hidup di dunia ini sehingga rela mempertaruhkan diri hanya untuk kesenangan sesaat? Apa yang ingin Anda dapatkan dari semua itu, pujian/sanjungan orang? Sungguh terlalu murah jika hanya karena pujian orang, lantas Anda rela melakukan perbuatan riba yang sudah jelas-jelas diperangi oleh Allah dan RasulNya. Kenapa Rasulullah Menyebutkan Ibu 3 Kali Baru Ayah?
“Maka jika kamu tidak mengerjakan (meninggalkan sisa riba), maka ketahuilah, bahwa Allah dan Rasul-Nya akan memerangimu. Dan jika kamu bertaubat (dari pengambilan riba), maka bagimu pokok hartamu; kamu tidak menganiaya dan tidak (pula) dianiaya.” (QS. Al-Baqarah: 279)

Tips dan Cara Sederhana agar Tidak Tergoda Riba

Jika Anda terlanjur terjebak pada riba, segera selesaikanlah karena kita tidak pernah tahu, berapa lama kita akan hidup di dunia ini. Bagi Anda yang belum pernah bersentuhan dengan riba, tapi mendapat godaan yang kuat untuk mencobanya, segera urungkanlah, banyak-banyaklah beristighfar karena itu adalah bisikan syaitan. Riba itu berat, manisnya diawal saja. Sudah gitu, hidup Anda akan terus dihantui rasa takut dan kecemasan. Itu baru risiko terkecil, karena ada risiko besarnya, yakni tanggungan dosa. 
Dari Jabir bin ‘Abdillah, beliau berkata,
“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam melaknat pemakan riba (rentenir), orang yang menyerahkan riba (nasabah), pencatat riba (sekretaris) dan dua orang saksinya.” Beliau mengatakan, “Mereka semua itu sama (dalam melakukan yang haram)” (HR. Muslim no. 1598).
Nah, agar terhindar dari godaan riba, simak tips dan cara sederhananya, berikut ini :

•    Hidup sederhana

Hidup itu mudah dan murah, gaya hiduplah yang membuat semuanya jadi mahal. Untuk itu, jangan ikuti hawa nafsumu, tapi sederhanakan hidupmu agar hidup jadi lebih enjoy dan pastinya berkah.

•    Membeli sesuai kemampuan

Belilah sesuatu sesuai kemampuan, bukan kemauan. Apa yang kita mau, pastilah yang terbaik, bahkan kalau perlu tak ada yang lebih baik dari milik Anda. Tapi ingatlah bahwa diatas langit itu ada langit, jadi sangat mustahil bagi kita untuk mengikuti hawa nafsu yang tak ada cukupnya.

•    Jangan salah memilih teman

Salah memilih teman bisa berakibat fatal. Maka itu, jangan salah memilih teman di dunia ini. Pilih teman yang shaleh agar dia bisa mmendatangkan manfaat untuk kita di dunia maupun akhirat.

•    Dalam masalah dunia, lihatlah orang yang dibawah kita

Dalam masalah dunia, kita dianjurkan untuk melihat ke bawah agar senantiasa bersyukur atas nikmat Allah SWT. Nah, cara sederhana ini bisa membantu Anda untuk menghindari riba.
Dari Abu Hurairah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
“Pandanglah orang yang berada di bawahmu (dalam masalah harta dan dunia) dan janganlah engkau pandang orang yang berada di atasmu (dalam masalah ini). Dengan demikian, hal itu akan membuatmu tidak meremehkan nikmat Allah padamu.” (HR. Bukhari dan Muslim)

•    Jangan haus pujian

Semua orang pasti suka dengan pujian. Tapi jangan karena pujian orang yang hanya sepanjang lidahnya saja, lantas kita rela terjerumus pada riba yang diharamkan Allah, mislanya : membeli mobil agar terlihat sukses, membeli banyak rumah agar terlihat kaya dan lainnya.

•    Pikirkan bahwa dunia itu sementara, akhirat selamanya

Di dunia ini, kita diberi kesempatan untuk beramal shaleh untuk bekal kehidupan akhirat yang kekal abadi. Jika demikian, kenapa kita harus menyibukkan diri dengan perbuatan yang jelas-jelas diharamkan oleh Allah? Jika amalan kita saja belum tentu cukup untuk bekal ke akhirat, jadi buat apa menambah-nambah dosa??  Yuk ah, mending berlomba-lomba untuk meraih ridho Allah Subhanallahu Wa Taala.
Beberapa tips dna cara sederhana diatas diharapkan dapat bermanfaat dan menginspirasi Anda semuanya. Semoga Allah jauhkan keluarga kita dari riba dan bagi yang sudah terjebak pada riba, semoga Allah segera bebaskan Anda dari belenggu riba. Aamiin..
Loading...