Minggu, 25 Maret 2018

Waspada, Ini Bentuk Dayyuts Zaman Now yang Berbahaya

KajianLagi - Dayyuts, apakah itu? Dayyuts merupakan satu sifat dimana seorang lelaki tidak memiliki rasa cemburu dan rasa malu terhadap kemaksiatan yang dilakukan oleh keluarganya, baik : isteri, anak perempuan, saudara perempuan, ibu dan keluarga lainnya. Yang dimaksud rasa cemburu dan malu disini adalah sifat membiarkan, acuh, abai atau tak peduli dan tak mau mengingatkan/menegur atau mengarahkan sehingga kemaksiatan terus berlanjut atau bahkan semakin parah. Apapun alasannya, seorang lelaki harus memiliki rasa cemburu/malu jika ada keluarganya melakukan kemaksiatan. Bukannya sok suci atau sok benar, tapi ini merupakan kewajiban dan tanggung jawab kepada Allah SWT. Jangan sampai karena hal sepele itu, lantas Allah haramkan Anda dari masuk surga. Sebagimana terdapat dalam hadits, yang artinya : Wanita Itu Ibarat Gelas Kaca dan Tulang Rusuk yang Bengkok, Maksudnya?
suami dayyuts
“Ada tiga orang yang Allah haramkan masuk surga yaitu: pecandu khamar, orang yang durhaka pada orang tua, dan orang yang tidak memiliki sifat cemburu yang menyetujui perkara keji pada keluarganya.” (HR. Ahmad 2: 69. Hadits ini shahih dilihat dari jalur lain)
Yang dimaksud dengan dayyuts sendiri sudha disebutkan dalam hadits Ibnu ‘Umar radhiyallahu ‘anhuma dengan sanad marfu’ –sampai pada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam-, di mana beliau bersabda, Kenali Tujuh Ciri-Ciri Isteri yang Dekat Dengan Surga
Adapun maksud ad dayyuts sebagaimana disebutkan dalam Al Mu’jam Al Wasith adalah para lelaki yang menjadi pemimpin untuk keluarganya dan ia tidak punya rasa cemburu dan tidak punya rasa malu.

Bentuk dayyut jaman now yang harus diwaspadai

Zaman now, ada banyak bentuk dayyut yang tanpa sadar sudah dilakukan oleh para lelaki, diantaranya :
1. Membiarkan anak perempuanya atau anggota keluarga perempuan lain mendekati zina, seperti : pacaran, berboncengan dengan lelaki bukan mahrom, bercanda dan bercumbu rayu dengan teman yang belum halal, dan lainnya.
2. Membiarkan anak perempuan, isteri atau keluarga wanita lain membuka aurat atau mengenakan pakaian yang yang tidka sesuai syariat.
3. Merelakan isteri, anak atau keluarga perempuan lainnya berbaur dengan lelaki yang bukan mahram
4. Membiarkan anak perempuan atau keluarga perempuan lainnya keluar rumah sendirian atau bersama lelaki bukan mahram
5. Membiarkan keluarga perempuan menonton film/sinetron atau tontonan lain yang menyebarkan kerusakan/perbuatan tidak sesuai syariat.
Selain beberapa hal diatas, ternyata masih banyak perbuatan lain yang termasuk dalam jenis dayyuts. Selalu waspada dan jaga keluarga perempuan Anda agar Anda terhindar dari ancaman Allah karena Dayyuts. Semoga bermanfaat yaa…
Loading...