Senin, 07 Mei 2018

Meninggal Bisa Terjadi Saat Tidur, Lakukan Amalan Ini Sebelum Tidur

KajianLagi - Kematian termasuk satu misteri. Dia bisa datang kapan saja tak terduga, bahkan kadang tak memberi tanda apapun, termasuk salah satunya kematian saat tidur. Siapa yang menyangka jika waktu tidur adalah waktu terakhirnya di dunia ini, waktu terakhir Anda berjumpa dengan keluarga? Tapi sebagai hamba yang beriman, pastinya kita harus selalu siap ketika kematian menjemput kapan saja, termasuk pada saat tidur sekalipun. Jangan sampai karena kelelahan atau keasyikan tidur, lantas kita melupakan persiapan kita jikalau sewaktu-waktu kematian menjemput. Merasa Galau Menjelang Pernikahan? Lakukan amalan Sederhana Ini Sambil Menunggu Hari “H”  
meninggal saat tidur dalam islam
 Nah, agar kita tidak menjadi orang yang merugi ketika kematian menjemput saat tidur, sebaiknya kita ikuti anjuran Rasulullah Shalallahu Alaihi Wasallam saat tidur, diantaranya adalah : Tips dan Doa Agar Tidak Terjerumus Dalam Perbuatan Zina

Tidur setelah melaksanakan shalat

Seringkali karena kelelahan atau apa, lantas kita menunda waktu shalat dan memilih tidur lebih dulu. Padahal kita tidak pernah tahu, apakah kita akan bangun lagi setelah tidur itu? Bagaimana jika tidur itu adalah saat terakhir Anda di dunia ini, sementara Anda sudah melewatkan waktu shalat? Untuk itu teman, pastikan prioritaskan shalatmu diatas segalanya, jangan pernah menunda sedetikpun karena kematian itu sangatlah singkat datangnya. Dia tidak menunggu Anda menyelesaikan urusan/pekerjaan dan dia juga datang tanpa perlu diundang. Tips Atasi Pertengkaran Dengan Pasangan agar Tak Memburuk

Berwudhu sebelum tidur

Berwudhu sebelum tidur sangat dianjurkan agar kita senantiasa dalam kondisi suci. Jadi, ketika sewaktu-waktu kematian menjemput, setidaknya kita sedang dalan kondisi sempurna.
 Disebutkan dalam Shahihain, dari sabahat al-Bara' bin Azib radliyallahu 'anhu, Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam pernah bersabda kepadanya;
"Apabila engkau hendak mendatangi pembaringan (tidur), maka hendaklah berwudhu terlebih dahulu sebagaimana wudhumu untuk melakukan shalat." (HR. Bukahri dan Muslim serta yang lainnya).

Berdoa Sebelum Tidur

Ada doa khusus yang bisa dibaca sebelum tidur, dengan harapan jika kita kita meninggal saat tidur, setidaknya kita berada dalam agama yang lurus. Berikut ini doa yang bisa dibaca saat tidur:
Allaahumma innii aslamtu nafsii ilaika, wa fawadltu amrii ilaika, wa alja-tu dhahrii ilaika ragbatan wa rahbatan ilaika, laa malja-a wa laa manjaa minka illaa ilaika, aamantu bikitaabika alladzii anzalta wa binabiyyika alladzi arsalta
"Ya Allah, sesungguhnya aku menyerahkan diriku kepada-Mu, dan aku menyerahkan urusanku kepada-Mu, aku sandarkan urusanku kepada-Mu (agar Engkau menolongku), dengan penuh harap dan takut pada-Mu, tidak ada tempat berlindung dan tempat berlari dari azabMu, kecuali hanya kepada-Mu. Aku beriman kepada kitab-Mu yang Engkau turunkan dan aku beriman kepada Nabi-Mu yang Engkau utus." (HR. Bukhari dan Muslim dengan lafadz milik Muslim).

Membaca Ayat Kursi sebelum tidur

Ayat kursi termasuk dzikir yang sangat dianjurkan sebelum tidur, karena memiliki manfaat yang luar biasa.
Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Apabila engkau mendatangi tempat tidur (di malam hari), bacalah Ayat Kursi, niscaya Allah akan senantiasa menjagamu dan setan tidak akan mendekatimu hingga waktu pagi” (HR. Al-Bukhari).
Menyiapkan diri untuk menyambut kematian terbaik harus senantiasa dilakukan, karena pastilah semua dari kita menginginkan akhir kehidupan yang indah. Semoga Allah mewafatkan kita dan keluarga kita dalam kondisi terbaik dan khusnul khotimah. Aamiin Ya Rabbal Alamiin.
Loading...