Selasa, 19 Juni 2018

Semua Tentang Puasa Syawal dan Keutamaannya

KajianLagi - Setelah merayakan hari kemenangan Idhul fitri, ternyata ada satu amalan sunnah yang memiliki keutamaan sangat luar biasa besar,  yakni puasa syawal.  Puasa syawal merupakan puasa sunnah yang dikerjakan pada bulan syawal, tepatnya sehari setelah idhul fitri. Untuk waktunya, bebas, asalkan masih di bulan syawal dan boleh dilakukan berurutan atau tidak.  Puasa syawal memiliki keutamaan yang besar bagi siapa yang mengerjakannya, yakni : mendapatkan pahala puasa sebanyak setahun penuh. Bisa dibayangkan, betapa beratnya jika kita harus berpuasa selama setahun penuh. Nah, pada kesempatan ini, hanya dengan 6 hari kita berpuasa di bulan syawal, maka pahala itu akan kita dapatkan. Ingin tahu lebih jelas tentang puasa syawal, simak informasinya berikut ini :10 Amalan Ibadah yang Bisa dilakukan Wanita Saat Haid
puasa syawal/Muslim.or

Puasa syawal 6 hari, pahalanya puasa selama setahun penuh, benarkah?

Hadits yang diriwayatkan Abu Ayyub Al Anshori, Nabi SAW bersabda:
Barangsiapa yang berpuasa Ramadhan kemudian berpuasa enam hari di bulan Syawal, maka dia berpuasa seperti setahun penuh. (HR Muslim no 1164).Menakjubkan! Ternyata Ini Alasan Kenapa Harus Banyak Sedekah Di Bulan Ramadhan

Kapan waktu pelaksanaan puasa syawal?

Anda bebas memilih kapan waktunya, adapun puasa Syawal dapat dimulai sejak 2 Syawal sampai 30 Syawal. Namun para ulama mazhab Syafii mengatakan bahwa waktu paling utama/afdhal melakukan puasa Syawal adalah sehari setelah Shalat Idul Fitri dan dilakukan secara berturut-turut.  Namun jika tidka berurutan, selama itu masih dilakukan pada bulan syawal setelah sebelumnya menjalankan puasa ramadhan, maka tetap akan mendapatkan keutamaan puasa syawal.

Puasa syawal dulu atau Membayar hutang puasa?

Ada pendapat yang menyebutkan agar puasa wajib didahulukan daripada yang sunnah, jadi kalau bisa usahakan membayar/mengqada puasa dulu baru berpuasa syawal. Namun pendapat lain menyebutkan boleh mendahulukan puasa syawal, karena waktu untuk puasa ini sangat terbatas sementara waktu untuk mengqadha puasa ramadhan lumayan panjang hingga rajab.  Tapi tetap saja, kita tidak pernah tahu berapa lama lagi jatah usia kita di dunia ini, jadi sebisa mungkin lakukan amalan semaksimal mungkin, baik yang wajib maupun yang sunnah.

Bolehkah menggabung niat puasa syawal dengan membayar utang puasa ramadhan?

Yang boleh digabung niatnya adalah sesame puasa sunnah, misalnya : puasa syawal diniatkan dengan puasa senin kamis, puasa ayamul bit (tengah bulan) dan lainnya.

Tata Cara Puasa Syawal?

Puasa syawal dilakukan mulai tanggal 2 syawal dan tata caranya hampir sama dengan puasa pada umumnya, yakni sebelum subuh hingga adzan maghrib. Lebih baik dilakukan secara brturut-turut.
Sudah tahu khan, semua tentang puasa syawal dan keutamaannya. Semoga Allah mudahkan kita menjalankan puasa syawal. Aamiin..
Loading...