Sabtu, 21 Juli 2018

Tips Cara Menghadapi Teman yang Suka Adu Domba

Loading...
KajianLagi - Lidah bak pisau bermata dua, karena itu sudah seharusnya kita menjaganya agar tidak sampai melukai orang lain. Salah satu ulah lidah yang bisa membahayakan diri dan orang lain adalah adu domba atau namimah. Apa itu adu domba atau namimah itu? Adu domba/namimah adalah sebuah perkataan yang sangat tercela karena bertujuan menyebarkan fitnah (berita yang tidak benar) agar antara satu sama lain menjadi tidak suka hingga berakhir pada pertikaian dan permusuhan. Orang yang suka mengadu domba biasanya akan melakukan rekayasa dengan cara memfitnah atau menghancurkan orang lain demi tujuan menciptakan permusuhan. Adu domba atau namimah dalam islam sangatlah dilarang, bahkan dalam islam hukumnya haram dan pelakunya sangat dibenci oleh Allah Subhanallahu wa taala. Hal itu sebagaimana dalam firman Allah SWT, yang artinya : Benarkah Rumah Tusuk Sate Berbahaya Bagi Pemiliknya?
suka adu domba
“Hai orang-orang yang beriman, jika datang kepadamu orang fasik membawa suatu berita, maka periksalah dengan teliti, agar kamu tidak menimpakan suatu musibah kepada suatu kaum tanpa mengetahui keadaannya yang menyebabkan kamu menyesal atas perbuatanmu itu.” (Q. S. Al-Hujurat : 6). Jangan Asal Share Berita, Bisa Jadi Anda Panen Dosa Jariyah
Ada juga dalam firman Allah lainnya, yang artinya :
”Dan janganlah kamu ikuti setiap orang yang banyak bersumpah lagi hina yang banyak mencela, yang kian kemari menghambur fitnah.” (QS. Al Qalam : 10-11).
Dalam hadits disebutkan bahwa orang yang suka adu domba akan diberikan balasan neraka
Nabi Muhammad SAW bersabda, yang artinya; “Tidak akan masuk surga bagi Al Qattat (tukang adu domba).” (H. R. Al Bukhari).

Bahaya Adu Domba atau Namimah dalam islam

Sifat suka adu domba/namimah haruslah dihindari, karena dapat membahayakan sendi-sendi kehidupan. Ingin tahu, apa sajakah bahaya adu domba? Simak informasinya, berikut ini :
1.    Adu domba termasuk perbuatan dosa dimana pelakunya diharamkan oleh surga
2.    Adu domba dapat sebabkan pertikaian hingga perpecahan
3.    Adu domba dapat sebabkan saling membenci hingga permusuhan
4.    Adu domba menjadi penyebab putusnya tali silaturrahmi/persaudaraan
5.    Adu domba sebabkan keresahan dan mengganggu ketentraman
6.    Orang yang terkenal suka adu domba akan kehilangan kepercayaan

Ini Cara Menghadapi Orang yang Suka Adu Domba

Zaman sekarang, kita akan sangat sulit menghindari orang yang suka menyebar fitnah dan adu domba. Meski begitu, Anda tidak perlu takut dengan kenyataan tersebut, karena kita bisa menghadapi orang tersebut dengan cara yang bijak, yakni :
1.    Tidak perlu membenarkan perkataan orang yang berniat mengadu domba
2.    Berikan nasihat agar orang tersebut taubat dari perbuatannya (suka adu domba) dan katakan bahwa hal itu adalah salah.
3.    Katakan jika Allah SWT sangat membenci orang yang adu domba
4.    Jangan pernah termakan adu domba dengan ikut-ikutan berprasangka buruk pada orang yang dibicarakan
5.    Tidak perlu curiga, apalagi mencari-cari aib orang yang menjadi korban adu domba
6.    Tidak perlu ikut-ikutan melakukan adu domba dengan orang lain

Tips Agar Terhindar dari Perilaku Adu domba

Lidah memang tak bertulang, karena itu sangat mudah sekali membolak-balikkan kata. Begitupun dengan perilaku adu domba/namimah yang seringkali secara sadar maupun tidak justru menjadi kebiasaan. Naudzubillah… Nah, agar kita terhindar dari perilaku adu domba, sebaiknya simak tipsnya berikut ini :
1.    Tingkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT
2.    Sadari bahwa adu domba termasuk perbuatan yang tercela dan dibenci oleh Allah SWT
3.    Hindari acara yang berpotensi sebabkan adu domba, misalnya : bergosip
4.    Selalu menjaga hubungan baik dengan sesama muslim
5.    Selalu berpikiran positif terhadap sesama muslim
6.    Selalu meminta perlindungan kepada Allah dari perilaku buruk, termasuk namimah.
Semoga informasi tentang bahaya adu domba dan bagaimana cara menghadapi orang yang suka adu domba diatas dapat bermanfaat bagi kita semua.
Sumber