Jumat, 18 Agustus 2017

2 Larangan yang Wajib Dihindari Sebelum Berqurban

KajianLagi - Anda memiliki rencana akan berqurban pada hari raya idhul adha nanti? Jika ya, pastilah Anda sudah mulai mempersiapkan segala sesuatunya, termasuk siap mentaati beberapa larangan sebelum berqurban. Sayangnya tak semua orang mengerti akan adanya larangan tertentu sebelum menyembelih hewan qurban sehingga ada sebagian orang yang justru melanggarnya. Sayang sekali, jika ibadah yang kita lakukan menjadi kurang sempurna hanya karena sedikit kesalahan yang kita lakukan. Untuk itulah, sebaiknya kita wajib memahami apa saja larangan yang wajib dihindari sebelum kita berqurban, yang diantaranya adalah :  Muslimah, Ini Beberapa Tanda Hijabmu Sudah Sempurna
larangan sebelum berqurban/http://konsultasifiqih.com

Memotong rambut dan kuku.

Hal ini berdasarkan pada hadits rasulullah Shalallahu Alaihi Wasallam, yang artinya :
Dari Ummu Salamah dari Nabi shallallahu ’alaihi wa sallam,
”Barangsiapa yang telah memiliki hewan yang hendak diqurbankan, apabila telah masuk tanggal 1 Dzulhijjah, maka janganlah dia memotong sedikitpun bagian dari rambut dan kukunya hingga dia selesai menyembelih.” (HR. Muslim 5236, Abu Daud 2793, dan yang lainnya).
Dalam hadits lain juga disebutkan, yang artinya :
 “Siapa saja yang ingin berqurban dan apabila telah memasuki awal Dzulhijah (1 Dzulhijah), maka janganlah ia memotong rambut dan kukunya sampai ia berqurban.( HR. Muslim no. 1977)
Dari kedua hadits diatas disebutkan adanya larangan untuk memotong rambut dan kuku bagi orang yang ingin berqurban, tepatnya sudah memasuki tanggal 1 Dzulhijjah sampai hewan kurbannya disembelih

Apakah semua rambut yang terlarang untuk dipotong?

Menurut ulama Syafi’iyah, y ang dimaksud larangan mencabut kuku dan rambut di sini adalah dengan cara memotong, memecahkan atau cara lainnya. Adapun rambut yang dimaksudkan termasuk bulu ketiak, kumis, bulu kemaluan, rambut di kepala atau rambut yang ada di badan. Pemilik Dua Sifat Ini Akan Dicintai Allah, Apakah Anda Termasuk?
Nah, setelah mengetahui kedua larangan yang harus dihindari sebelum menyembelih hewan qurban diatas, pastinya Anda akan mentaatinya, bukan? Semoga ibadah qurban yang kita lakukan dapat mendatangkan pahala yang melimpah dan semoga yang belum bisa berqurban, Allah berikan kemudahan untuk melaksakannya. Aamiin..

Loading...