Rabu, 16 Agustus 2017

Muslimah, Ini Beberapa Tanda Hijabmu Sudah Sempurna

KajianLagi - Hijab merupakan pakaian yang wajib dikenakan muslimah untuk menutup auratnya. Saat ini ada beragam jenis dan model hijab yang beredar di pasaran, tapi apapun itu tidaklah masalah asalkan bisa menutup aurat dengan sempurna. Namun sayangnya, ada sebagian model hijab yang meskipun bagus dan cantik, namun tidak memenuhi syarat sebagai hijab yang sempurna.  Alangkah sayangnya jika kita salah membeli hijab yang kurang sempurna menutup aurat, karena sudah pasti kita berdosa jika mengenakannya. Nah, agar tidak salah pilih, sebaiknya simak beberapa tanda bahwa hijabmu sudah sempurna, berikut ini : Pemilik Dua Sifat Ini Akan Dicintai Allah, Apakah Anda Termasuk?
tanda hijab syari/hijabatoz.com

1.    Tidak boleh tipis/tembus pandang dan sempit sehingga memperlihatkan lekuk tubuh

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, beliau berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
“Ada dua golongan dari penduduk neraka yang belum pernah aku lihat: (1) Suatu kaum yang memiliki cambuk seperti ekor sapi untuk memukul manusia dan (2) para wanita yang berpakaian tapi telanjang, berlenggak-lenggok, kepala mereka seperti punuk unta yang miring. Wanita seperti itu tidak akan masuk surga dan tidak akan mencium baunya, padahal baunya dapat tercium dari jarak sekian dan sekian.” (HR. Muslim, no. 2128). Isteri! Ini Ciri-Ciri Suami Terbaik Menurut Islam

2.    Tidak boleh menyerupai pakaian lawan jenis

Dari Ibnu ‘Abbas, ia berkata, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam melaknat laki-laki yang menyerupai wanita dan wanita yang menyerupai laki-laki” (HR. Bukhari no. 5885).

3.    Tidak boleh berbau wangi

“Seorang perempuan yang mengenakan wewangian lalu melalui sekumpulan laki-laki agar mereka mencium bau harum yang dia pakai maka perempuan tersebut adalah seorang pelacur.” (HR. An-Nasa’i, Abu Daud, Tirmidzi, dan Ahmad. Syaikh Al-Albani dalam Shahihul Jami’ , no. 323 mengatakan bahwa hadits ini shahih)

4.    Pakaian wanita harus menutupi seluruh tubuh kecuali wajah dan telapak tangan. Ingat, selain kedua anggota tubuh ini wajib ditutupi termasuk juga telapak kaki.

Allah Ta’ala berfirman,  “Hai Nabi, katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mu’min: “Hendaklah mereka mendekatkan jilbabnya  ke seluruh tubuh mereka“. Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak di ganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. (QS. Al Ahzab [33] : 59). Jilbab bukanlah penutup wajah, namun jilbab adalah kain yang dipakai oleh wanita setelah memakai khimar. Sedangkan khimar adalah penutup kepala.

5.    Tidak Menyerupai Pakaian Wanita-Wanita Kafir.

Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda. “ Barangsiapa menyerupai suatu kaum, ia termasuk golongan mereka.” (Hadits shahih: Diriwayatkan oleh Abu Dawud (no. 4031), Ahmad (II/50, 92), dari Ibnu ‘Umar radhiyallaahu ‘anhuma. Lihat Shahiihul Jaami’ (no. 6149) dan Jilbaab al-Mar-atil Muslimah (hal. 203-204).

6.    Bukan Pakaian Syuhrah (Pakaian Untuk Mencari Popularitas)

 Dari Ibnu ‘Umar radhiyallaahu ‘anhuma, ia berkata, “Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda. “Barangsiapa yang mengenakan pakaian syuhrah (untuk mencari popularitas) di dunia, niscaya Allah mengenakan pakaian kehinaan kepadanya di hari Kiamat lalu membakarnya dengan api Neraka.” (Hadits hasan: Diriwayatkan oleh Abu Dawud (no. 4029) dan Ibnu Majah (no. 3607), dari Shahabat Ibnu ‘Umar radhiyallaahu ‘anhuma. Lihat Jilbaab al-Mar-atil Muslimah (hal. 213)

7. Bukan pakaian untuk berhias

“Dan hendaklah kamu tetap di rumahmu dan janganlah kamu berhias/bertabarruj dan bertingkah laku seperti orang-orang Jahiliyah yang dahulu ….” (QS. Al-Ahzab:33)
Gimana, apakah hijabmu sudah sempurna? Semoga informasi diatas dapat bermanfaat untuk kita semua.
Loading...