Kamis, 09 November 2017

Penting! Baca 3 Ayat Kursi Pada 3 Waktu Ini dan Dapatkan Fadhilahnya

KajianLagi - Anda pasti sudah terbiasa membaca Ayat Kursi, bukan? Ayat kursi merupakan ayat Al Quran yang memiliki kedudukan sangat agung sehingga sangat disarankan untuk dijadikan dzikir rutin. Ayat kursi merupakan bagian dari Surat Al Baqarah, yakni ayat 255. Sebenarnya ayat kursi bukanlah ayat yang panjang dan sulit dihafal karena nyatanya ayat ini sangatlah mudah dihafalkan, bahkan oleh anak kecil sekalipun. Ada banyak riwayat yang menyebutkan akan keutamaan yang luar biasa apabila kita merutinkan membaca Ayat kursi pada waktu tertentu. Mungkin masih banyak yang belum tahu, kapan waktu yang disarankan membaca ayat kursi? Agar lebih jelasnya, simak terus penjelasan dalam artikel ini. Ingin Rejeki Lancar? Ini Doa Menarik Rejeki dari Berbagai Penjuru
ayat kursi/shahih.com
Bacaan ayat kursi :
ALLAHU LAA ILAAHA ILLA HUWAL HAYYUL QAYYUMU. LAA TA'KHUDZUHUU SINATUW WA LAA NAUUM. LAHUU MAA FISSAMAAWAATI WA MAA FIL ARDHI. MAN DZAL LADZII YASFA'U 'INDAHUU ILLAA BI IDZNIHI. YA'LAMU MAA BAINA AIDIIHIM WA MAA KHALFAHUM. WA LAA YUHITHUUNA BI SYAI-IN MIN 'ILMIHII ILLAA BI MAASYAA-A. WASI'A KURSIYYUHUSSAMAAWAATI WAL ARDHA. WA LAA YA-UDHUU HIFZHUHUMAA WAHUWAL 'ALIYYUL AZHIIM. Wajib Hindari, Ini 7 Perkara Yang Membinasakan
Artinya :
 “Allah, tidak ada ilah (yang berhak disembah) melainkan Dia, yang hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya). Dia tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Tiada yang dapat memberi syafa’at di sisi-Nya tanpa seizin-Nya. Dia mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka. Mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dia tidak merasa berat memelihara keduanya. Dan Dia Maha Tinggi lagi Maha besar.” (QS. Al Baqarah: 255)

Waktu yang tepat membaca Ayat Kursi

Ada tiga waktu yang sangat disarankan bagi Anda untuk membaca ayat kursi, karena didalamnya terdapat keutamaan, yang diantaranya :

1.    Ketika pagi dan petang

Ayat kursi sangat disarankan dibaca sebagai dzikir pagi dan petang, sebagaimana dalam riwayat berikut ini :
Dari Ubay bin Ka’ab, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
 “Siapa yang membacanya ketika petang, maka ia akan dilindungi (oleh Allah dari berbagai gangguan) hingga pagi. Siapa yang membacanya ketika pagi, maka ia akan dilindungi hingga petang.” (HR. Al Hakim 1: 562. Syaikh Al Albani menshahihkan hadits tersebut dalam Shahih At-Targhib wa At-Tarhib no. 655)

2.     Sebelum tidur

Sebelum tidur juga disarankan untuk membaca ayat kursi, karena manfaatnya snagat luar biasa besar, sebagaimana dalam riwayat berikut ini :
Dari pengaduan Abu Hurairah pada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam tentang seseorang yang mengajarkan padanya ayat kursi.
Abu Hurairah menjawab, “Wahai Rasulullah, ia mengaku bahwa ia mengajarkan suatu kalimat yang Allah beri manfaat padaku jika membacanya. Sehingga aku pun melepaskan dirinya.” Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bertanya, “Apa kalimat tersebut?” Abu Hurairah menjawab, “Ia mengatakan padaku, jika aku hendak pergi tidur di ranjang, hendaklah membaca ayat kursi hingga selesai yaitu bacaan ‘Allahu laa ilaha illa huwal hayyul qoyyum’. Lalu ia mengatakan padaku bahwa Allah akan senantiasa menjagaku dan setan pun tidak akan mendekatimu hingga pagi hari. Dan para sahabat lebih semangat dalam melakukan kebaikan.” Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pun bersabda, “Adapun dia kala itu berkata benar, namun asalnya dia pendusta. Engkau tahu siapa yang bercakap denganmu sampai tiga malam itu, wahai Abu Hurairah?” “Tidak”, jawab Abu Hurairah. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata, “Dia adalah setan.” (HR. Bukhari no. 2311)

3.     Setelah shalat lima waktu

Selain waktu diatas, ada waktu satu lagi yang sangat direkomendasikan untuk membaca ayat kursi, yakni setelah shalat fardu.
Dari Abu Umamah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
 “Siapa membaca ayat Kursi setiap selesai shalat, tidak ada yang menghalanginya masuk surga selain kematian.” (HR. An-Nasai dalam Al Kubro 9: 44. Hadits ini dinyatakan shahih oleh Ibnu Hibban, sebagaimana disebut oleh Ibnu Hajar dalam Bulughul Maram).
Setelah mengetahui tiga waktu dan fadhilahnya yang luar baisa diatas, pastinya Anda tidak akan lagi lupa untuk istiqamah mengamalkannya. Semoga informasi yang berjudul Penting! Baca 3 Ayat Kursi Pada 3 Waktu Ini dan Dapatkan Fadhilahnya diatas dapat bermanfaat bagi kita semua.
Loading...