Senin, 18 Desember 2017

Hati-Hati dengan Kata “Seandainya” Karena Membuka Pintu Setan

KajianLagi - Mungkin sebagian dari kita pernah mengalami sesuatu yang mengecewakan, menyakitkan dan membuat kita menyesal hingga tidak bisa menerima takdir Allah Subhanallahu Wa Taala. Kondisi tersebut membuat kita susah move on hingga terus saja berandai-andai “Ah, seandainya saja aku begini, pasti hal ini tak akan terjadi, “seandainya aku begitu, pasti akan…”. Hati-Hati! Meskipun ringan dan sepele, namun perkataan “Seandainya” yang kita ucapkan tersebut bisa membuka pintu setan dan mendatangkan murkanya Allah. Doa Berlindung dari Teman atau Tetangga yang Jahat 
berandai-andai yang dilarang/http://www.lk21.news
 Nabi shallallhu ‘alaihi wa sallam bersabda:
 “Sungguh seseorang mengucapkan satu kalimat yang mendatangkan kemurkaan Allah, namun dia menganggapnya ringan, karenanya dia dilemparkan ke dalam api neraka”. (HR. Bukhari no. 6478 dalam Kitabur Riqaq, Bab “Menjaga Lisan”)
Begitupun dengan perkataan ‘seandainya’ yang ternyata Rasulullah sendiri sudah mengantisipasi umatnya agar selalu waspada.
Dari Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
 “Bersungguh-sungguhlah dalam hal-hal yang bermanfaat bagimu dan mohonlah pertolongan kepada Allah (dalam segala urusan), serta janganlah sekali-kali kamu bersikap lemah. Jika kamu tertimpa sesuatu (kegagalan), maka janganlah kamu mengatakan, ‘seandainya aku berbuat demikian, pastilah tidak akan begini atau begitu’. Tetapi katakanlah, ‘ini telah ditakdirkan oleh Allah dan Allah berbuat sesuai dengan apa yang dikehendaki’. Karena sesungguhnya perkataan seandainya akan membuka (pintu) perbuatan setan”. (HR. Muslim no. 2664)
Nasihat yang bisa kita petik dari hadits diatas adalah pentingnya bersungguh-sungguh dalam mengerjakan sesuatu yang bermanfaat, selalu melibatkan Allah dalam segala urusan, jangan bersikap lemah ketika mengalami suatu kegagalan/musibah/ujian dan yang terpenting jangan menyesali takdir Allah. Selalu ikhlas dan ridha akan takdir Allah yang menimpa Anda dan jangan pernah menyesalinya, karena apapun yang Anda alami pastilah itu yang terbaik untuk kehidupan Anda. Mengejutkan, Ternyata 6 Ayat Al Quran Ini Ampuh Hancurkan Sihir
Allah ta’ala berfirman,
 “Setiap bencana yang menimpa di bumi dan yang menimpa dirimu sendiri, semuanya telah tertulis dalam kitab (Lauh Mahfudz) sebelum Kami mewujudkannya, sesungguhnya yang demikian itu adalah mudah bagi Allah. Agar kamu tidak bersedih hati terhadap apa yang luput dari kamu, dan tidak pula terlalu gembira dengan apa yang Dia berikan untukmu. Dan Allah tidak menyukai setiap orang yang sombong dan membanggakan diri.” (QS. Al-Hadiid: 22-23)
Bersabarlah teman dan jangan pernah berandai-andai atas apa yang sudah Allah takdirkan padamu, karena penyesalan tak akan pernah membuat sesuatu yang hilang akan kembali dan tak akan mengubah takdir yang terjadi. Perkataan “Seandainya” tidak akan menyelesaikan masalah, justru membuat hati Anda semakin menderita.
Loading...