Senin, 23 April 2018

Penting! Manfaatkan Lima Perkara Sebelum Datang Lima Perkara

Kajian Lagi - “Manfaatkan lima perkara sebelum datang lima perkara!” Anda pasti pernah mendengar nasihat yang terlihat sederhana, namun maknanya sangat dalam banget. Ternyata nasihat itu bukan sembarang nasihat karena Rasulullah Shalallau Alaihi wasallam sendirilah yang sudah menyebutkan nasihat tersebut dalam sebuah hadits, yang artinya : Tips Atasi Pertengkaran Dengan Pasangan agar Tak Memburuk 
manfaatkan lima perkara sebelum datang lima perkara
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam pun bersabda,
 “Manfaatkanlah lima perkara sebelum lima perkara; masa mudamu sebelum masa tuamu, masa sehatmu sebelum masa sakitmu, masa kayamu sebelum masa miskinmu, masa luangmu sebelum masa sibukmu, dan masa hidupmu sebelum masa matimu.” (HR. Al Hakim dalam Al Mustadrok no. 7846)
Dari hadits diatas bisa disimpulkan bahwa kita harus pandai-pandai memanfaatkan 5 perkara sebelum datangnya 5 perkara, yakni : Wajib Tahu, Ini Tanda Masa Haid Sudah Selesai dan Apa yang Harus Dilakukan

•    Masa mudamu sebelum masa tuamu

Ini sangatlah penting, karena masa muda biasanya dihiasi dengan kesenangan dan berbagai kesibukan mengejar cita-cita dunia semata. Ingat, masa mudamu itu sangatlah singkat sehingga sebaiknya jangan habiskan waktu untuk dunia yang melenakan.

•    Masa sehatmu sebelum masa sakitmu

Sehat itu mahal banget, karena itu manfaatkanlah sebaik-baiknya untuk melakukan amal ibadah dan kebaikan. Karena ketika penyakit itu datang, kamu akan merasakan kesulitan melaksanakan semuanya dengan sempurna.

•    Masa kayamu sebelum masa miskinmu

Jika Allah takdirkan Anda kaya, maka jangan pernah terlena apalagi merasa Allah menyayangimu karena sudah melimpahkan harta. Takutlah hanya kepada Allah, karena bisa jadi dengan harta itu Allah mengujimu. Banyak-banyaklah beramal dengan hartamu sebelum hartamu menjadi fitnah yang justru menghinakanmu.

•    Masa luangmu sebelum masa sibukmu

Semakin hari, dunia akan menyibukkanmu dan berusaha melenakanmu. Untuk itu, syukurilah jika kamu masih diberi waktu luang. Manfaatkanlah untuk beramal ibadah, karena jika kesibukan datang, semuanya akan menajdi semakin sulit.

•    Masa hidupmu sebelum masa matimu

Hidup kita di dunia ini hanyalah semantara dan tak akan lama, untuk itu jangan sia-siakan karena kematian siap mengintaimu kapan saja. Ingat! Kesempatanmu hidup di dunia ini hanyalah sekali saja dan kelak kamu akan dimintai pertanggung jawaban atas kesempatan ini. Jika selama ini kamu sia-siakan waktu selama hidup, maka apalah yang akan kamu katakana dihadapan RabbMu?
Jika masih diberi kesempatan merasakan lima perkara diatas, maka segera siapkan bekal terbaikmu untuk akhirat. Waktu yang berlalu takkan pernah bisa diulang lagi, jika Anda terlanjur menyia-siakannya, maka jangan tunda untuk bertaubat dan segera perbaiki dirimu sebelum datangnya lima perkara pemutus segala kesempatan tersebut. Semoga Allah jadikan kita, anak keturunan kita sebagai orang-orang yang beruntung dan bukan orang yang merugi karena lalai.

Loading...