Minggu, 03 Juni 2018

Kapan Waktu Tepatnya Harus Membayar Zakat Fitrah?

Loading...
KajianLagi - Bulan ramadhan sudah berjalan mendekati lebaran yang artinya kita mulai bersiap-siap mengeluarkan zakat fitrah. Saat ini, ada banyak lembaga zakat yang standby untuk menampung zakat umat muslim.  Selain itu, di sekolah-sekolah juga sudah siap menampung zakat jauh hari sebelum hari Raya Idhul Fitri atau saat ramadhan masih pertengahan. Hal inilah yang membuat sebagian orang merasa bingung, sebenarnya kapan sich waktu tepatnya kita harus membayar zakat fitrah? Zakat fitrah merupakan zakat yang ditunaikan karena berkaitan dengan waktu Idul Fitri sehingga waktunya berdekatan dengan waktu perayaan hari raya idhul fitri. Bersedekah Dengan Harta Haram, Diterima Nggak?
zakat fitrah

Kapan tepat waktu pembayaran zakat fithar?

Waktu pembayaran zakat itu ada dua macam, yakni :
1.     Waktu utama (afdhol) membayar zakat fitrah
Waktu paling utama atau afdhol membayar zakat fitrah adalah mulai dari terbit fajar pada hari ‘idul fithri hingga dekat waktu pelaksanaan shalat ‘ied. Jangan Sampai Terlewat! Ini 3 Waktu Terkabulnya Doa Pada Bulan Ramadhan
Ingin mendapatkan jaminan surga? Lakukan 10 amalan ini
Dari Ibnu ‘Abbas radhiyallahu ‘anhuma, ia berkata,
Barangsiapa yang menunaikan zakat fithri sebelum shalat maka zakatnya diterima dan barangsiapa yang menunaikannya setelah shalat maka itu hanya dianggap sebagai sedekah di antara berbagai sedekah.” (HR. Abu Daud no. 1609 dan Ibnu Majah no. 1827. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini hasan).
2.    Waktu lain yang dibolehkan membayar zakat fitrah
Selain waktu diatas, ada waktu lain yang dibolehkan yaitu satu atau dua hari sebelum ‘ied sebagaimana yang pernah dilakukan oleh Ibnu Umar. (Lihat Fatawal Aqidah wa Arkanil Islam, 640 & Minhajul Muslim, 231) Amalan yang disunnahkan saat hari raya idhul fitri
“Dan Ibnu ‘Umar radhiyallahu ‘anhuma memberikan zakat fithri kepada orang-orang yang berhak menerimanya dan dia mengeluarkan zakatnya itu sehari atau dua hari sebelum hari Raya ‘Idul Fithri.” (HR. Bukhari no. 1511).
Ada juga hadist lainya, yakni : Dari Nafi’, ia berkata,
“‘Abdullah bin ‘Umar memberikan zakat fitrah atas apa yang menjadi tanggungannya dua atau tiga hari sebelum hari raya Idul Fithri.” (HR. Malik dalam Muwatho’nya no. 629, 1: 285). Benarkah Sedekah Tidak Harus Pada Pengemis
Sebagian ulama juga berpendapat bahwa zakat fitrah boleh ditunaikan sejak awal ramadhan, namun pendapat lain yang lebih tepat menyebutkan, karena zakat fitri berkaitan dengan waktu idhul fitri, maka tidak semestinya dilakukan jauh hari sebelum hari fitri. Seperti kita tahu bahwa zakat fitrah ditunaikan untuk memenuhi kebutuhan orang miskin agar mereka bisa bergembira di hari fitri, maka jika ingin ditunaikan awal, sebaiknya lakukan pada dua atau tiga hari sebelum hari idhul fitri.
Ibnu Qudamah Al Maqdisi mengatakan, “Seandainya zakat fithri jauh-jauh hari sebelum ‘Idul Fithri telah diserahkan, maka tentu saja hal ini tidak mencapai maksud disyari’atkannya zakat fithri yaitu untuk memenuhi kebutuhan si miskin di hari ‘ied. Ingatlah bahwa sebab diwajibkannya zakat fithri adalah hari fithri, hari tidak lagi berpuasa. Sehingga zakat ini pun disebut zakat fithri. … Karena maksud zakat fithri adalah untuk mencukupi si miskin di waktu yang khusus (yaitu hari fithri), maka tidak boleh didahulukan jauh hari sebelum waktunya.” (Al Mughni, 4: 301).
Sumber : rumasyha.com
sumber gambar : http://www.frewaremini.com