Kamis, 03 Januari 2019

Doa Selamat Dari Tanah Longsor, Banjir, Kebakaran dan Bencana Mengerikan Lainnya

Akhir-akhir ini, bencana terus datang silih berganti, dari mulai banjir, gempa, tsunami, longsor, kebakaran dan masih banyak musibah lainnya. Sebagian dari musibah datang tiba-tiba tanpa bisa diprediksi sehingga membuat semua orang panik. Ada yang berhasil menyelamatkan diri, meski harta bendanya ludes tak tersisa, namun tak banyak pula yang menjadi korban luka-luka, meninggal dunia atau bahkan tak diketahui kabarnya hingga kini alias hilang.  Bencana tak hanya memisahkan seseorang dari harta bendanya, tapi juga keluarganya. Hal ini tentu sangat menyedihkan dan tak ada siapapun yang mau mengalaminya.
Doa selamat dari bencana

Agar kita selalu terjaga dan diselamatkan dari bencana yang datang tiba-tiba, maka jangan pernah menjauh dari Allah, Sang Pemilik Semesta Alam ini. Doa merupakan salah satu cara paling ampuh untuk melindungi diri serta keluarga dari bencana yang datang tiba-tiba. Kira-kira doa apakah yang bisa dibaca? Simak langsung informasinya berikut ini :

Doa Berlindung Dari Longsong, Banjir, Kebakaran dan Bencana Lainnya

Allohumma Inni a’udzubika minal hadmi wa a’udzubika minat taroddi wa a’udzubika minal ghoroqi wal haroqi wal haromi wa a’udzubika ayyataqobbathoniyas syaithoni indal maut wa a’udzubika an amuta fi sabilika mudbiron wa a’udzubika an amuta ladighon. (HR Abu Daud)
Ya Allah aku berlindung kepada-Mu dari kejatuhan (longsor), dan aku berlindung pada-Mu dari tergelincir, dan aku berlindung pada-Mu dari tenggelam (banjir), terbakar dan pikun. Dan aku berlindung pada-Mu apabila syetan menjerumuskan padaku ketika akan mati, dan aku berlindung pada-Mu apabila mati dalam keadaan mundur dari agama-Mu (murtad), dan aku berlindung padaMu apabila mati karma di sengat.

Tips Agar Keluarga Selamat dari Bencana yang datang tiba-tiba

Siapapun orangnya pasti merasa bersyukur apabila diselamatkan dari bencana dahsyat yang datang tiba-tiba. Namun kebahagiaan itu akan lebih terasa manakala mendapati anggota keluarga tercinta yang juga selamat.  Bisa kita lihat, beberapa kisah korban bencana yang terpaksa harus menelan kesedihan karena berpisah dengan orang-orang yang dicintainya. Maka dari itu, sangat penting banget menjaga kekompakan dengan seluruh anggota keluarga agar ketika bencana datang tiba-tiba, semuanya lebih siap menghadapinya. Agar kita dan keluarga bisa selamat dari bencana, beberapa tips yang harus diperhatikan :

•    Beri pemahaman tentang bencana

Memberi pemahaman tentang jenis-jenis bencana yang sering terjadi di Indonesia sangat penting dilakukan. Hal ini akan memudahkan anggota keluarga ketika bencana terjadi tiba-tiba.

•    Ajarkan upaya menyelamatkan diri secara sederhana

Mengajarkan upaya penyelamatan diri secara sederhana kepada keluarga sangatlah penting. Saat bencana terjadi, semua pasti merasa panic, begitupun Anda, jadi nggak mungkin Anda menyelamatkan semua orang. Dengan edukasi sederhana, setidaknya semua anggota keluarga bisa lebih kompak melakukan upaya penyelamatan mandiri.

•    Minta mereka menyimpan benda-benda penting/berharga jadi satu

Sedia payung sebelum hujan, itu penting dilakukan. Sama halnya dengan menyimpan beberapa barang penting sebelum bencana terjadi. Hal ini sebagai langkah antisipasi ketika hal buruk terjadi, setidaknya kita sudah menyelamatkan barang-barang penting/berharga agar tidak menyulitkan dikemudian hari. Beberapa benda penting yang bisa disimpan, antara lain : surat-surat/dokumen penting, uang/barang berharga, HP, secukupnya pakaian, obat-obatan, makanan kering dan lainnya.

•    Mintalah anggota keluarga untuk peka terhadap tanda-tanda/peringatan

Meski tidak semuanya, namun kadangkala Bencana alam disertai tanda-tanda yang tak biasa, misalnya : angin yang mendadak terasa kencang, mendung menghitam, hujan deras, petir dan masih banyak tanda lainnya. Selain itu, selalu pantau kabar berita dari wilayah setempat agar bisa menyelamatkan diri sebelum datangnya bencana.

•    Ajarkan doa perlindungan

Selain upaya diatas, mengajarkan keluarga tercinta tentang doa-doa perlindungan juga tak kalah pentingnya loh… Selain membuat hati tenang, doa juga bisa membentengi Anda sekeluarga dari dampak bencana yang mengerikan.
Selain beberapa tips diatas mungkin masih banyak tips yang lainnya. Semoga kita dan keluarga selalu diberi keselamatan dan terhindar dari bencana yang mengerikan. Aamiin..
Loading...